img

Kunjungan Kerja Tim IT Bank Mayora ke BNI

Pada Kamis (25/8) lalu - Tim dan jajaran pimpinan IT Bank Mayora melakukan kunjungan kerja ke Divisi MTI di Gedung Menara BNI Pejompongan Jakarta. Courtesy meeting ini guna bertukar informasi mengenai IT Core Banking System yang dimulai dari pemaparan Struktur Organisasi, Core Banking System, Development System, hingga project Mini Core Loan. 

Acara ini dihadiri oleh Bapak Hanar selaku IT Group Head dari Bank Mayora beserta jajarannya. Sementara dari pihak Bank BNI dihadiri oleh Bapak Setiawan Anis selaku GM Divisi Pengembangan TI (MTI) beserta jajarannya dan beberapa perwakilan tim dari Divisi Strategi dan Arsitektur TI (STI).

Setelah acara penyambutan oleh masing-masing pimpinan, Bapak Bachrul, Pemimpin Kelompok Legacy Support System di Divisi MTI, menyampaikan pemaparan mengenai Struktur Organisasi Satuan Kerja TI BNI dan Struktur Organisasi Divisi MTI, khususnya menjelaskan pembagian area kelolaan sistem di internal Divisi MTI, yaitu area Core Banking yang meliputi Cardlink, ATM, B24 dan Middleware, serta area Core International Treasury yang meliputi Treasury, investasi, DPLK, Global Interface Services,  Trade Finance,  Accounting and Compliance.

Disampaikan pula oleh Bapak Bachrul mengenai sistem pengembangan di Divisi MTI yang pada umumnya dilakukan secara in-house internal dengan full support dari Principle. Saat ini yang menjadi salah satu top of mind project di Divisi MTI dapat ditemui pada pengembangan Mini Core Loan project yang dilakukan bekerjasama dengan pihak ketiga.

Dikembangkannya project Mini Core Loan ini adalah dalam rangka melengkapi berbagai tuntutan fitur banking yang semakin kekinian sekaligus peningkatan performance pada Core Banking system BNI.

Ada beberapa alasan mengapa Mini Core Loan ini berbeda dengan sistem Core Banking, diantaranya yaitu pada fitur sistem Paylater dan beberapa improvements pada fitur kartu kredit sehingga peningkatan proses perhitungan akan semakin lebih cepat.

Tim Bank Mayora yang diwakili oleh Bapak Hanar turut memaparkan penjelasan dari sisi IT. Bank Mayora selama ini mengandalkan Temenos sebagai aplikasi Core Banking yang didalamnya sudah mencakup fungsi sistem treasury dan tracking services.

Saat ini Bank Mayora masih dalam proses improvement yang juga dilakukan secara in-house internal. Disampaikan juga bahwa terdapat beberapa Direktorat di IT Group Bank Mayora yang secara besaran terdiri dari tim Developer, Analyst, Testing, Security dan Network. Saat ini Bank Mayora sedang melakukan persiapan untuk pengembangan aplikasi Mini Core di Bank Mayora.

Dengan pertemuan ini diharapkan kerjasama, kolaborasi dan sinergi di dalam BNI Group menjadikan BNI semakin melompat lebih tinggi sebagai lembaga keuangan sesuai dengan visi dan misi BNI.

SHARE: