img

BNI Pacu Ekonomi Digital UMKM di Ranah Minang

Prita Marisca - Kantor Wilayah 02

BNI memperteguh komitmennya untuk mendorong ekonomi digital di Sumatera Barat. Bentuknya, BNI memberi bantuan Pengusaha Mikro di rangkaian Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 16-17 September di Kota Padang.

Di dalam pidatonya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengemukakan dukungannya dan apresiasi pada lembaga-lembaga yang peduli dalam memajukan Ekonomi Digital di dalam negeri. Terutama, bagi mereka yang sukses menumbuhkan sebanyak 21 juta pelaku UMKM Indonesia untuk onboarding selama Gernas BBI digelar.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kian menegaskan kurang lebih 600 ribu unit pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di provinsi Sumbar merupakan tulang punggung perekonomian yang krusial. Meski Gernas BBI 2020 dilakukan harvesting, proses pembangunan ekonomi digital melalui pelaku UMKM Sumbar bukan berarti berhenti.

Ini hanya langkah awal menuju kedigdayaan ekonomi digital di Ranah Minang. “BNI ikut mendorong kemajuan UMKM dengan digitalisasi. Terutama dalam mengembangkan usahanya dan mengarahkan untuk mengembangkan usaha secara klaster. Pelaku UMKM yang merupakan pemenang dari Sumbar akan melenggang di pasar global melalui program Xpora BNI,” kata Direktur Network & Services BNI Ronny Venir.

Disini, BNI menghadirkan tiga UMKM Xpora BNI yaitu CV Mekar Jaya, PT Abro Prima Makmur, Koperasi Korintji Barokah Bersama dan juga delapan UMKM besar binaan BNI yang berada di Sumbar diantaranya Jangek Kai, Rendang Siti Nurbaya, Batik Tanah Liek, Kue Bawang Anda dan Kerupuk Salsabila.

Kegiatan ini mengusung tema “Maju Berkah Basamo UMKM” dengan menonjolkan produk-produk unggulan UMKM yang mana BNI juga terpilih sebagai salah satu Top Brand pendukung Gernas BBI 2022.

Dijelaskan Ronny, BNI siap memberikan bantuan untuk memajukan UMKM Tanah Minang. Sebagai salah satu bentuk partisipasi BNI dalam gerakan itu adalah dengan memberikan sertifikasi halal kepada 100 UMKM di Sumbar.

“Sejalan dengan tujuan Gernas BBI, kami tidak hanya melakukan pameran dan bazaar produk UMKM Sumatera Barat, tapi juga mendorong kemajuan UMKM dengan digitalisasi,” tandasnya.

SHARE: