img

Inspiratif, BNI Edukasi Tabungan Simpel Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar di Kuningan

Umar Saladin - Kantor Cabang Kuningan

Kuningan, 04, Agustus 2022 - rangkaian Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus dikemas dalam acara Kejar Prestasi Muda Indonesia (KREASIMUDA). Dukungan BNI lewat HIM tersebut melalui program Ayo Menabung Dengan Sampah.

Pengenalan program Ayo Menabung Dengan Sampah bertujuan untuk menanamkan kebiasaan menabung sejak usia sekolah dan mengajarkan anak untuk peduli terhadap Lingkungan. “Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Pertiwi Kuningan ini merupakan salah satu inovasi yang diinisiasi oleh BNI dalam menggarap potensi ekosistem sekolah,” demikian.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga sosialisasi gerakan menabung dari otoritas jasa keuangan (OJK) dan pengenalan program Ayo Menabung Dengan Sampah. Tidak lupa pengenalan produk dan layanan perbankan dari BNI. Seluruh transaksi keuangan yang terjadi dikonversi jadi cashless. “Transaksi menabung dengan sampah menggunakan sistem keagenan dilakukan di Mini Bank, serta transaksi di kantin-kantin sekolah menggunakan mesin EDC,” katanya.

Acara KREASIMUDA 2022 bertemakan Ayo Menabung Dengan Sampah dihadiri oleh Bupati Kuningan, Bapak Acep Purnama, Komisi XI DPR RI, Bapak Didi Irawadi Syamsuddin, Kepala OJK Jawa Barat, Bapak Indarto Budiwiyono, Pemimpin BNI Wilayah 04 Bandung, Ibu Maya Agustina, serta Kepala Sekolah SMK Pertiwi Kuningan, Bapak Dea Ariana Vamitrianto.

Dialog interaktif BNI dan OJK
Selain sosialisasi gerakan menabung, ditampilkan juga dialog interaktif antara OJK dan BNI dengan siswa-siswi SMK Pertiwi. Seluruh siswa yang hadir sudah memiliki rekening BNI Simpanan Pelajar (SIMPEL).

BNI Simpel merupakan produk tabungan yang diinisiasi oleh OJK dan dikolaborasi bersama dengan BNI yang ditujukan untuk segmen siswa/pelajar, mulai usia tingkat PAUD sampai dengan sekolah menengah tingkat atas atau yang setara.

Sementara di sesi akhir kegiatan, dilakukan simulasi transaksi menabung sampah di Bank Mini sekolah yang sudah menjadi Agen46 oleh beberapa perwakilan siswa. Antusiasme siswa begitu tinggi dengan respon yang positif. Orangtua siswa juga bahagia karena menanamkan budaya menabung sejak dini bagi anak-anaknya.

SHARE: