img

3 Tips Mudah Menghemat Biaya Listrik Rumah

Ini dia 3 tips untuk menghemat biaya listrik rumah :

Pakai AC seperlunya

Udara panas seperti ini membuat penggunaan AC lebih intensif daripada biasanya. Padahal AC adalah perangkat yang memakan listrik paling besar di antara perangkat lainnya. Gunakan timer pada AC, dengan begitu saat udara sudah cukup sejuk, AC otomatis akan mati saat kita tidur. Jangan lupa untuk menyesuaikan suhu. Contohnya, suhu 20 derajat Celcius sudah cukup untuk satu orang di dalam ruangan. Semakin dingin suhu, semakin tinggi daya yang diperlukan, semakin banyak listrik terpakai.

Ganti lampu rumah dengan LED

Lampu LED hemat energi, lebih terang dan tak panas. Daya listrik yang digunakan lebih rendah. Ganti lampu rumah untuk kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan lainnya dengan LED. Untuk kamar cukup menggunakan LED daya 3 watt. Memang harga LED lebih mahal dari lampu biasa, tapi jika dihitung secara bulanan cukup memangkas pengeluaran. Ganti seluruh lampu di rumah sebisa mungkin dengan LED.

Cabut saklar elektronik

Punya kebiasaan meninggalkan ruangan dengan kondisi kabel elektronik masih tersambung ke saklar? Jangan lagi dibiasakan jika ingin menghemat pengeluaran. Listrik masih mengalir melalui kabel yang masih tersambung ke saklar. Daya yang digunakan menjadi sia-sia. Lebih baik cabut kabel untuk memutuskan listrik agar tak terbuang begitu saja.

SHARE: