img

Hati-hati Tidur Dekat Ponsel Tingkatkan Peluang Kanker Otak dan Kemandulan

Apakah Anda tidur dekat dengan ponsel? Sebaiknya ubah kebiasaan tersebut dan letakkan ponsel agak jauh dari posisi Anda tidur karena California Department of Health menemukan bukti bahwa ponsel tekait dengan serangkaian masalah kesehatan termasuk kanker, kesehatan mental dan masalah reproduksi

Radiasi yang dilepaskan oleh ponsel sangat berbahaya dan tak disarankan tidur berdekatan dengan ponsel, terlebih jika diletakkan dekat kepala atau di bawah bantal. WHO menyatakan bahwa perangkat elektronik secara umum – tak hanya ponsel – buruk bagi tubuh dan bisa meningkatkan peluang berkembangnya kanker.

Ponsel memproduksi efek racun yang belum dikenali oleh para ilmuwan yang berasal dari radiasi ion dan panjang gelombang. Sebuah studi yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa ada hubungan penting antara penggunaan ponsel dan dampak terhadap kesuburan pria di mana kualitas sperma berkurang.

Jadi, apa yang sebaiknya kita lakukan? Matikan ponsel. Selama ponsel menyala, mengirim dan menerima pesan maka ponsel akan melepas gelombang elektromagnetik yang berbahaya. Opsi kedua, taruh ponsel di tempat yang agak jauh dari kamar. Para pakar menyarankan setidaknya jarak ponsel dan tubuh saat tidur adalah sejauh satu meter.

Hal yang paling penting pula untuk tidak men-charging ponsel semalaman dan meletakkannya di dekat tubuh saat tidur. Ada banyak kasus di mana wajah atau tangan terbakar lantaran api yang disebabkan dari ponsel yang sedang di-charging. Bantal umumya terbuat dari material yang mudah terbakar dan pastinya amat berbahaya jika meletakkan ponsel yang di-charging dekat bantal.

Mengubah kebiasaan sederhana seperti tidak meletakkan ponsel di dekat tubuh saat tidur sangat berkontribusi terhadap kesehatan jangka panjang dan kualitas hidup. (Nchus)

SHARE: