img

Tak Perlu Ubah Rutinitas Secara Drastis, Ini 5 Tips Mudah Hidup Sehat

Pastikan kita cukup bergerak setiap hari. Berikut tips menambah aktivitas gerak:

  1. Matikan TV dan komputer. Cobalah ambil satu hari dalam seminggu untuk mematikan TV dan komputer sama sekali. Lakukan kegiatan yang membutuhkan gerak fisik bersama keluarga. Contohnya, games, jalan-jalan, lakukan apapun agar bisa bergerak lebih banyak dari biasanya. Weekend menjadi waktu yang tepat untuk melakukan ini.

  2. Banyak berjalan. Sempatkan sebisa mungkin untuk selalu berjalan. Contohnya, berjalan-jalan di sekitar rumah saat pagi atau sore hari, mengajak anjing berjalan-jalan, atau berjalan di atas treadmill selama lima menit sebelum bekerja.

  3. Lakukan pekerjaan rumah. Mengurus taman di halaman rumah, menyapu halaman dan lantai rumah, mengepel laintai, pekerjaan rumah seperti itu mungkin tak seperti olahraga di gym.Tapi jika dilakukan rutin akan baik bagi kesehatan.

  4. Berjalan-jalan saat melakukan pekerjaan lain. Contohnya, berjalan-jalan saat menelpon atau membersihkan rumah sembari berbicara di telpon. Cara seperti ini membuat kita terus bergerak sambil melakukan hal lain yang membuat kita senang.



  5. Tetap waspada. Buatlah daftar kegiatan aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Jika terlalu banyak waktu kita habiskan untuk duduk, buatlah daftar hal-hal lain yang memungkinkan kita untuk cukup bergerak. Contohnya, berdiri dan berjalan-jalan setiap jam untuk merenggangkan tubuh, naik tangga saat di kantor, memarkir kendaraan agak jauh dari kantor agar bisa berjalan lebih lama.

Jika kegiatan-kegiatan yang terlihat sepele tersebut dijalankan dengan rutin, maka akan memberikan kontribusi pada kesehatan jangka panjang.

SHARE: