img

Ini Dia Kiat Sukses Berbisnis Resto dan Kafe

Bisnis Resto maupun Kafe tidak ada matinya  dan akan tumbuh terus menerus selama manusia masih ada di bumi ini. Alasanya, karena kebutuhan manusia terhadap makan dan minum, itulah dasarnya. Para pebisnis hanya perlu melihat kejelian peluang dan pangsa pasar yang akan disasar. Nah, kreatifitas dan keunikan yang ditawarkan baik dari menu makanan, tempat dan pelayanan yang cepat akan dapat memberikan dampak baik seperti mendapat perhatian khusus dari para pecinta resto dan kafe.

Padahal bahan baku sama, menu sama namun ketika dikemas dengan kreativitas dan inovasi maka hal tersebut akan beda. Inilah kuncinya. Pebisnis harus terus berkreativitas dalam segala hal, baik promosi, dekorasi tempat, penyajian menu, maupun pelayanan sehingga bisnis resto dan kafe tersebut dapat bertahan dan sukses.

Menilik pesan dari para pebisnis resto yang sukses, beberapa faktor pendukung berikut dapat dijadikan acuan bagi Anda yang hendak terjun ke bisnis ini, diantaranya, (1) Konsisten dalam menciptakan rasa, (2) Buatlah kemasan yang menarik dan unik sehingga pelanggan dapat repeat order kembali, (3) Pilihlah supplier yang mempunyai bahan baku berkualitas dan stok yang terus ada, (4) Tetap lakukan inovasi, baik dari menu makanan maupun berpromosi.

Bisnis resto dan kafe sangat menggiurkan, selain karena makanan merupakan kebutuhan utama manusia, juga pangsa pasar di bisnis ini sangat luas. Agar bisnis ini berjalan sukses, Anda perlu memahami seluk beluk resto dan kafe. Hal utama, Anda harus mempunyai passion dalam menjalankan bisnis resto dan kafe tersebut.

Beberapa kiat berikut mungkin dapat Anda lakukan agar bisnis resto dan kafe Anda bisa sukses, diantaranya, pertama, strategi pemilihan lokasi dan kenyamanan restoran dan cafe. Hal ini penting diperhatikan. Jika melihat fenomena yang berkembang belakangan ini di Kota Pontianak, terutama bagi pebisnis resto dan kafe yang menyasar kalangan anak muda. Anak muda sekarang ini lebih suka duduk-duduk di cafe yang nyaman, fasilitas internet, ber-AC, sambil ngopi atau sekedar ngemil. Lokasi yang nyaman dan harga murah ini bisa jadi daya tarik untuk konsumen.

Kedua, lakukan promosi. Promosi merupakan faktor utama yang dapat mendorong kesuksesan di bisnis resto dan kafe. Di era digital saat ini, biaya promosi tentu dapat ditekan, Anda hanya perlu memahami penggunaan channel-channel digital yang sudah ada seperti Facebook, Blog, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

Jika mempunyai budget lebih, tidak salahnya Anda melakukan promosi secara offline seperti mengikuti rutin pameran yang diselenggarakan di kampus, mall dan tempat ramai lainnya. Anda juga bisa memadukan keduanya, online-offline sehingga semua bisa terintegrasi dan hasilnya lebih maksimal. Intinya harus ada promosi, jika Anda ingin ada penjualan.

Terakhir, konsep yang Anda tawarkan. Konsep harus unik - berbeda dari kompetitor. Konsep unik yang Anda tawarkan kepada konsumen dapat dikemas dengan kreativitas dan inovasi sehingga bisnis resto dan kafe Anda akan cepat membuahkan profit dan suskes.

Anda tertarik mengembangkan bisnis ke dunia resto dan kafe? Ingat, jangan sekadar latah-hanya ikut-ikutan saja, pastikan Anda memiliki passion di bisnis ini sehingga bisa mengembangkan bisnis resto dan kafe dan mendulang sukses. Tetap lakukan kreativitas dan inovasi pada bisnis Anda. 

 

SHARE: