img

Ini Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius dan sebaiknya segera diatasi. Hal ini dikarenakan jika gangguan kesehatan ini tetap dibiarkan, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan.

Ya, makanan memang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Salahnya pola konsumsi yang tidak disadari lambat laun akan membuat tekanan darah menjadi kurang terkontrol. Lantas, apa saja makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi yang wajib untuk dihindari? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Acar

Acar menjadi salah satu makanan pelengkap yang cukup sering disantap saat menikmati olahan daging kambing, mie ayam atau lainnya. Rasa acar yang sedikit asam memang akan menggugah selera. Namun, Kamu perlu tahu bahwa acar bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan acar memiliki kandungan sodium cukup tinggi yang harus dihindari.

Buah Zaitun

Makanan lain yang juga bisa memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah buah zaitun. Buah ini memiliki kandungan garam yang cukup tinggi sehingga konsumsi yang berlebihan akan menjadi bahaya bagi kesehatan. Namun, ketika buah ini di ekstrak, maka zaitun akan menghasilkan omega 3 yang cukup baik bagi tubuh.

Makanan Manis

Makanan manis memang sangat menggugah selera. Namun, jika konsumsi makanan manis berlebihan, maka akan menyebabkan timbulnya hipertensi. Hal ini dikarenakan gula yang terdapat dalam makanan manis bisa berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, atur porsi konsumsi makanan manis anda agar kesehatan tetap aman.

Kafein

Meminum kopi di pagi atau malam hari memang merupakan salah satu ide yang begitu menarik. Selain itu, kopi memang merupakan minuman dengan rasa yang menyegarkan. Namun, kandungan kafein pada kopi ternyata bisa memicu meningkatnya tekanan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, Kamu sebaiknya mengatur pola konsumsi kopi agar tidak terlalu banyak.

Nah, demikian beberapa makanan yang memicu tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Hindari konsumsi makanan di atas secara berlebihan agar tubuh tetap sehat!

SHARE: