img

Ikuti Cara Ini, Biar Gak Takut Kolesterol saat Konsumsi Daging

BNI-Hi Movers, bagi sebagian orang, makan daging sering kali dikaitkan dengan peningkatan kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan berlebihan saat mengkonsumsinya. Terdapat beberapa trik sederhana, jika kamu ingin menikmati daging tanpa rasa takut akan dampak kolesterol. Penasaran? Begini tips sederhananya:
 
1. Hindari Konsumsi Santan Kental
Menyantap daging yang dicampur dengan santan kental memang amat menggoda, seperti rendang atau gulai. Namun, bagi kamu yang punya riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol, sebaiknya batasi asupan makanan ini. Alternatifnya, kamu dapat mengolah daging menjadi semur atau sop.
 
Contoh lainnya, jika kamu ingin memasak tongseng, jangan menambah santan kental. Sebagai gantinya, kamu dapat mencampurkan santan encer ke dalam masakan tersebut untuk menambah rasa gurih.
 
2. Kombinasikan dengan Sayuran dan Serat
Mengombinasikan daging dengan sayuran dan sumber serat merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan. Sayuran segar dan serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Tambahkan sayuran berwarna-warni ke dalam hidangan daging kamu untuk meningkatkan nutrisi dan memberikan rasa yang segar.
 
3. Pilih Jenis Daging yang Lebih Sehat
Lemak jenuh seperti yang terdapat dalam daging sapi merupakan lemak yang perlu dibatasi. Oleh sebab itu, jika ingin mengonsumsi daging sapi, pilihlah bagian tenderloin atau daging has tanpa lemak yang cepat empuk. Selain daging sapi, ada daging lain yang lebih sehat seperti daging ayam tanpa kulit, daging ikan, atau daging sapi tanpa lemak. Daging-daging ini memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging berlemak. Memilih daging dengan lebih sedikit lemak akan membantu mengurangi asupan kolesterol jenuh.
 
4. Porsi yang Terkendali
Satu hal penting dalam mengonsumsi daging adalah mengatur porsi dengan bijak. Mengonsumsi daging dalam jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Tetapkan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan perhatikan agar porsi makan daging tidak berlebihan. Kamu juga dapat mengimbangi asupan daging dengan mengonsumsi sumber protein nabati seperti kacang-kacangan atau tahu untuk menjaga keberagaman nutrisi.
 
5. Rutin Mengonsumsi Apel dan Lemon
Kandungan pektin dalam apel dapat menurunkan kadar LDL. Selain pektin, apel juga kaya akan polifenol. Zat yang satu ini jadi antioksidan yang ada di kulit apel di mana kerjanya untuk memperlambat oksidasi LDL. Kamu bisa mengolah buah ini menjadi jus dingin yang nikmat untuk diminum. Selain apel, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu menurunkan kolesterol. Air lemon juga baik mengurangi kadar kolesterol karena mengandung antioksidan dan pektin atau serat larut yang menyehatkan jantung.
 
BNI Hi-Movers, dengan mengikuti tips sederhana ini, kamu dapat menikmati daging tanpa rasa takut akan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Asal tidak terlalu banyak, makan daging dapat memberikan manfaat bagi tubuh.
SHARE: