img

Anak Muda Mau Sukses? Literasi Digital Kuncinya

BNI Hi-Movers, di era keterbukaan informasi saat ini, kemampuan menguasai teknologi dan memahami informasi daring sangatlah krusial. Terlebih lagi bagi anak muda yang cenderung lebih sering menggunakan perangkat digital dan berinteraksi dengan konten digital. Dengan kemampuan literasi digital, kamu bisa menyaring informasi dengan lebih baik, seperti dapat membedakan fakta dan opini, menghindari penyebaran berita palsu, dan melindungi privasi.  

Sebaliknya, kurangnya pemahaman terhadap literasi digital dapat menjadi bumerang bagi sendiri, salah satunya mudah percaya dengan hoax dan disinformasi. Agar kemampuan literasi digital meningkat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya:

1. Berpikir kritis
Ketika kamu menerima sebuah informasi yang tidak jelas dari mana asalnya, mulailah dengan mendorong diri kamu untuk mengajukan berbagai pertanyaan, misalnya bagaimana informasi itu dibuat? Kemudian cari jawabannya dengan langsung ke sumbernya. 

2. Belajar bersama ahli di media sosial
Manfaatkan media sosial untuk belajar hal baru. Misalnya, belajar sesuatu hal baru dari content creator yang sering membuat konten edukasi atau semacamnya. 

3. Memahami Digital Culture  
Agar kemampuan literasi digital meningkat, kamu perlu memahami bagaimana keberadaan internet memengaruhi cara berinteraksi dan berkomunikasi seseorang. Pada umumnya, penggunaan internet sering kali membawa dampak positif atau negatif.

4. Berhati-hati di internet
Saat mengakses internet, kamu harus waspada terhadap potensi-potensi yang bisa membahayakan diri. Misalnya tidak sembarangan menaruh data dan privasi yang bisa dilihat oleh semua orang.

Kemampuan literasi digital pada akhirnya amat diperlukan di era yang serba teknologi ini. Dengan kemampuan literasi digital yang baik, kamu bisa meminimalisasi resiko terhindar dari beragam kejahatan digital, mulai dari pencurian data, hack, hingga malware BNI Hi-Movers.

SHARE: