img

4 Cara Membentuk Kebiasaan Baik Menurut Buku ' Atomic Habit'

BNI Hi-Movers, tahukah kamu? Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan akan berdampak pada kehidupan di masa depan. Maka dari itu, kita perlu memiliki kebiasaan yang baik agar cita-cita kita dapat tercapai. Lantas, bagaimanakah cara membangun kebiasaaan yang baik?

Sebuah buku bertajuk 'Atomic Habits' karya James Clear mengupas tuntas bagaimana cara membangun kebiasaan yang baik. Buku tersebut marih gelar best seller dan telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa. Hebat sekali, bukan? Nah, berikut empat cara membentuk kebiasaaan baik menurut buku tersebut.

1. Make it Obvious
Kebiasaan yang baik harus terlihat jelas di mata. Jika hanya berniat, maka akan sulit untuk diwujudkan. Misalnya, kita ingin rutin berolahraga, siapkanlah baju dan sepatu olahraga yang akan dipakai. Hal ini akan mendorong kita untuk melakukan aksi nyata dan benar-benar memulai kebiasaan berolahraga.

2. Make it Attractive
Semakin menarik sesuatu, maka akan semakin besar semangat kita untuk mengadopsinya menjadi kebiasaan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari hal menarik dari kebiasaan baik yang ingin kamu lakukan. Misalnya saja kamu ingin memulai pola makan sehat, kamu bisa mencari resep masakan yang menggugah selera untuk kamu masak sendiri.

3. Make it Easy
Manusia cenderung lebih termotivasi melakukan sesuatu yang mudah. Tidak ada salahnya untuk memilih bagian yang paling mudah terlebih dahulu untuk memulai kebiasaan baik. Nantinya, bagian yang lebih sulit akan mengikuti, jika bagian yang mudah sudah dilaksanakan dan menjadi rutinitas.

4. Make it Satisfying
Untuk membangun kebiasaan baik dalam jangka panjang, kamu harus membuat kebiasaan tersebut menjadi hal yang menyenangkan dan memuaskan. Contohnya, kamu bisa memberikan reward pada diri sendiri, jika sudah berhasil menjalankan kebiasaan baik secara teratur.

Nah, itu dia empat cara untuk membangun kebiasaan baik menurut buku Atomic Habits karya James Clear. Kebiasaan baik tidak cukup hanya dengan diniatkan, kita harus membangun sebuah sistem untuk mendorong diri kita melakukan aksi nyata secara konsisten. Dengan demikian, secara perlahan kebiasaan baik akan terbentuk dan kebiasaan buruk akan berkurang. 

Bagaimana, BNI Hi-Movers? Apakah kamu tertarik untuk memulai kebiasaan baik menggunakan empat cara di atas?

SHARE: