img

Seberapa Sering Sih Kita Harus Mencuci Botol Air Minum?

Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik, sebagian besar orang memilih untuk menggunakan botol air minum. Hal itu terlihat dari tingginya angka penjualan botol air minum, terutama di situs jual-beli online.  Tidak bisa dipungkiri juga bahwa sekarang botol air minum sudah memiliki model yang sangat beragam. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan botol air minum. Salah satunya adalah memperhatikan seberapa sering kamu mencuci botol air minum. Makin jarang kamu mencuci, maka makin banyak juga kuman yang tumbuh dan terkumpul.

Nyatanya, hal sepele seperti mencuci botol air minum masih banyak disepelekan atau dilupakan oleh sebagian besar orang. Padahal, hal tersebut dapat menjerumuskan tubuh ke penyakit yang tidak diinginkan. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh Jessica Ek, juru bicara American Cleaning Institute. Dalam sebuah studi oleh Treadmill Reviews, juga diungkapkan bahwa  botol air minum yang tidak dicuci selama seminggu, memiliki lebih dari 300.000 unit pembentuk koloni per sentimeter persegi.

Maka dari itu, untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan, para pengguna botol air minum disarankan untuk langsung mencuci setelah pemakaian. Contohnya, kamu menggunakannya dan mengisi ulang sepanjang hari, maka botol minum harus dicuci di penghujung hari. Lalu, berikut ini ada beberapa tahapan dalam mencuci botol air minum yang baik dan benar.

1.  Isi botol minum dengan air dan sabun cuci piring
2. Rendam tutup botol dan sedotan ke dalam semangkuk air sabun cuci piring
3. Gunakan sikat untuk menggosok bagian dalam botol dan semua bagian tutup botol yang sulit dijangkau
4. Bilas semuanya sampai bersih dan keringkan

BNI Hi-Movers, jika kamu adalah salah satu pengguna botol air minum, jangan lupa ya untuk selalu memperhatikan hal-hal di atas. Efek sakit yang dirasakan karena malas mencuci botol air minum, mungkin tidak dirasakan dalam waktu dekat, tapi bisa jadi nanti dalam jangka waktu yang lama. Jadi, selalu cuci setelah pemakaian ya!

SHARE: