img

5 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Melihat Hiu-Paus, Berani Berkunjung?

BNI Hi-Movers, apakah kamu pernah melihat hiu paus atau whaleshark? Hiu pemakan plankton ini bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah perairan Indonesia. Karena keunikannya, spesies ikan ini bahkan menjadi inspirasi fauna laut bernama Tulkun di film Avatar 2, The Way of Water.

Hiu paus dinobatkan sebagai spesies ikan terbesar. Meskipun demikian, peneliti mengatakan bahwa hiu paus tidak berbahaya bagi manusia. Tidak heran jika para penyelam tidak takut untuk berada di dekat hewan ini. Nah, jika kamu ingin mengikuti jejak para penyelam untuk berjumpa dengan hiu paus, berikut 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi dikenal sebagai surga bawah laut karena keanekaragam flora dan fauna yang ada di dalamnya. Taman Nasional yang terletak di Sulawesi Tenggara ini dikelilingi oleh selat-selat yang menjadi jalan masuk fauna laut, salah satunya adalah hiu paus. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai spesies langka yang dilindungi seperti penyu sisik, penyu hijau, ikan napoleon.

2. Perairan Lembata
Perairan Lembata terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Sekitar 18 jenis paus pernah muncul di perairan ini, antara lain paus biru, paus sperma, dan tentu saja hiu paus. Melihat potensi wisata yang besar, pemerintah setempat beserta Kementerian Pariwisata bahkan membuat program ‘wisata nonton ikan paus’ atau Whale Watching Tour pada 2018 silam.

3. Teluk Cenderawasih
Teluk Cenderawasih berada di wilayah Nabire dan Manokwari. Bisa dibilang, perairan ini adalah tempat bermainnya hiu paus. Hiu paus di Teluk Cenderawasih sangat jinak, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk berenang bersama. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan bukan hanya satu, tapi sekawanan hiu paus. Namun, jangan sampai terlalu dekat ya, karena bisa membuat mereka stres.

4. Perairan Misool
Pulau Misool merupakan salah satu pulau besar yang ada di Raja Ampat yang berbatasan dengan Laut Seram. Perairan yang memiliki laut lepas yang sangat luas ini menjadi jalur lintas hewan-hewan besar, seperti hiu paus dan gurita. Selain hiu paus, kamu juga bisa menemukan pari manta, berbagai jenis ubur-ubur yang unik, dan ikan hias yang lucu. Indah sekali, bukan?

5. Pantai Botubarani
Pantai yang memiliki pasir putih yang lembut ini ternyata menjadi rumah bagi hiu paus. Terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, hiu paus bisa dengan mudah ditemukan di sini. Plankton yang menjadi makanan mereka pun tumbuh subur di perairan ini. Jika kamu ingin melihat hiu paus, kamu bisa menyewa perahu dan membeli kulit udang untuk memancing hiu paus ke permukaan.

Nah, itu dia 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melihat hiu paus dan beragam flora fauna laut lainnya yang sangat indah. Kamu bisa menyelam dan berenang dengan hiu paus, asalkan tidak terlalu dekat, apalagi sampai menyentuh mereka, karena bisa membuat stres. Bagaimana? Apakah kamu berani melihat hiu paus, BNI Hi-movers? 
SHARE: