img

Ikigai, Filosofi Hidup Orang Jepang yang Perlu BNI Hi-Movers Tiru

BNI Hi-Movers, sebagai manusia, ada kalanya timbul perasaan bosan, lelah, dan perasaan negatif lainnya saat menjalani rutinitas sehari-hari. Walaupun lumrah terjadi, namun jika kondisi tersebut berlangsung terus-menerus maka jelas akan mengganggu keseharian kamu.

Tentunya ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan Ikigai. Singkatnya, Ikigai merupakan istilah untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Masyarakat Jepang percaya dengan menumbuhkan Ikigai dalam hidup, akan makin mudah menemukan makna hidup. Dalam menerapkan konsep Ikigai, terdapat empat elemen yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Passion: What You Love
Elemen pertama yang harus kamu penuhi ialah menemukan sesuatu yang disenangi atau kerap disebut passion. Bisa diartikan pula dengan sesuatu yang membuat kamu bergairah dan merasa bahagia saat melakukan hal tersebut, misalnya hobi.

2. Mission: What the World Need
Setelah menemukan passion, elemen selanjutnya ialah mission atau hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita. Mission tidak harus sesuai dengan passion kamu, asalkan bermanfaat untuk lingkungan di sekitar. Tak perlu muluk-muluk, kamu dapat berkontribusi dengan hal-hal kecil dan sederhana, seperti menjadi relawan atau membagikan makanan.

3. Vocation: What You Can be Paid For
Tidak dipungkiri, demi bertahan hidup tentunya kita harus mempunyai penghasilan. Oleh karena itu, elemen selanjutnya yang harus dipenuhi ialah vocation atau suatu aktivitas yang menghasilkan pendapatan, misalnya bekerja kantoran.

4.  Profession: What You Are Good at
Profession adalah sesuatu yang kamu merasa ahli di bidangnya. Keahlian ini bisa kita dapatkan dengan menempuh pendidikan atau mengikuti kursus pelatihan. Misalnya saja, bahasa atau marketing. 

Ketika telah menerapkan Ikigai, kamu akan lebih mudah menemukan makna hidup. Dengan begitu kamu akan menemukan alasan tepat dalam melakukan berbagai hal, mulai dari alasan harus bangun pagi, harus memperjuangkan sesuatu, hingga memiliki harapan. Jika kita hidup tanpa mengetahui Ikigai, hidup akan terasa sepi tanpa makna. Elemen mana yang sudah mulai kamu terapkan, BNI Hi-Movers? 
SHARE: