img

Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional yang Menjadi Tempat KTT ASEAN 2023

BNI Hi-Movers, Labuan Bajo, sebuah kota kecil yang terletak di ujung barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023. Sejumlah destinasi wisata di Labuan Bajo yang menyimpan potensi luar biasa menjadi sisi lain dari ajang multilateral itu.


Secara etimologi, Labuan berasal dari kata "labuhan" yaitu desa yang dijadikan tempat berlabuh bagi orang-orang yang berasal dari Bajo dan Bugis Sulawesi Selatan. Dari segi geografis Labuan Bajo memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hal itu membuatnya menjadi salah satu destinasi yang sedang nge-hits di kalangan para pelancong.

 
Dengan keindahan alamnya yang masih sangat terjaga mampu menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi wisata di Labuan Bajo:

1. Taman Nasional Komodo
 


Jika berkunjung ke Labuan Bajo, rasanya tidak lengkap bila belum melihat Komodo secara langsung di habitatnya. Hewan endemik yang menyerupai kadal raksasa ini terletak di Taman Nasional (TN) Komodo. Kawasan Komodo dapat ditemui setelah menempuh perjalan menggunakan kapal feri. Selama melakukan trekking dikawasan tersebut, kamu akan ditemani oleh pemandu wisata sepanjang perjalanan.

2. Pulau Padar
 


Bagi kamu penggemar fotografi, wajib berkunjung di daerah ini sebagai tempat berfoto. Dikenal sebagai pulau Padar, tempat ini berbentuk perbukitan serta gradasi laut biru di latar belakang. Selain itu, pulau Padar juga dikenal karena memiliki spot fotografi terbaik di Labuan Bajo. Berada di pulau Padar, kamu bisa melihat berbagai lanskap seperti kapal-kapal wisata, pantai, bukit-bukit dan lautan lepas.

3. Wisata budaya di Kampung Melo
 


Wisata lain yang tak boleh dilewatkan di Labuan Bajo adalah mengunjungi Kampung Melo. Ketika berkunjung ke sana, wisatawan akan disambut oleh Tari Caci yang merupakan tarian khas Manggarai. Tarian ini dimainkan para lelaki Kampung Melo. Saat berkunjung di perkampungan khas NTT ini kamu akan disuguhi dengan rumah adat, pakaian, dan tariannya yang membuat wisatawan terpesona.
 
Letaknya berada di tengah-tengah pegunungan sehingga kesejukan benar-benar terasa di antara hijaunya pepohonan. Bagi yang tertarik dengan budaya Flores, menginap di rumah adat Melo akan menjadi aktivitas yang sangat menarik. Dimana kama dapat menyaksikan gaya hidup penduduk lokal yang benar-benar sederhana dan mempertahankan nilai tradisional.

4. Pink Beach
 


Seperti sebutan namanya, Pink Beach adalah pantai merah yang terletak di Labuan Bajo. Pantai Pink merupakan salah satu destinasi bagi pecinta pantai dan snorkeling. Warna pink pada pantai ini berasal dari pecahan kerang berwarna kemerahan dan hewan mikroskopis di pesisir pantai.
 
Tidak hanya pasirnya saja, kamu juga masih bisa menikmati sentuhan warna pink di bawah lautnya. Kemudian bagi yang tidak suka snorkeling, kamu bisa sekadar berjemur di pinggir pantai dan menikmati keindahan sekelilingnya

5. Pulau Kelor

Labuan Bajo juga terkenal dengan daya tarik pesona Pulau Kelor. Untuk menuju Pulau Kelor anda harus menempuh selama 40 menit dari Labuan Bajo menggunakan kapal motor . Daya tarik utama pulau ini adalah pantai pasir putih yang menjorok ke laut jika dilihat dari atas. Selain hunting foto keindahan pemandangan, di sini kamu juga bisa trekking ke atas bukit pulau Kelor.

6. Manta Point
 

Labuan Bajo juga surga dunia bagi penggemar diving. Spot yang paling diminati di kawasan ini adalah Manta Point. Manta point adalah area berenang bersama manta atau ikan pari raksasa. Untuk itu, sebelum berkunjung ke Manta Poin, pastikan kamu menyediakan underwater camera agar bisa mengabadikan momen berenang bersama ikan pari. Dan tentunya, kamu harus memiliki sedikit basic berenang jika ingin merasakan sensasi pengalaman diving di Manta Point.
 
Itulah beberapa rekomendasi wisata di Labuan Bajo yang wajib kamu masukkan ke dalam bucket list liburanmu. Jadi, siapa yang bakalan kamu ajak liburan ke Labuan Bajo nih, BNI Hi-Movers? Mention di kolom komentar, ya!
SHARE: