img

BNI Hi-Movers, Kamu Lebih Suka Tidur dengan Lampu Mati atau Nyala, nih?

BNI Hi-Movers, setiap orang punya kebiasaan masing-masing dalam melakukan kegiatan tertentu. Misalnya saja cara makan atau cara tidur. Ada yang tidur dengan lampu menyala dan ada pula yang tidur dengan lampu mati. Lantas, manakah yang lebih baik?

Meskipun menurut sebagian orang tidur dengan lampu mati itu menakutkan, namun nyatanya para ahli mengatakan bahwa tidur dengan lampu mati itu lebih baik. Kira-kira, apa ya alasannya? Nah, berikut beberapa alasan mengapa sebaiknya kita tidur dengan lampu mati.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Keadaan kamar yang gelap akan menstimulus tubuh manusia untuk memproduksi hormon melatonin. Hormon ini bisa membantu mengatur siklus tidur. Dengan demikian, kita akan merasa lebih rileks dan nyaman saat tidur. Kualitas tidur pun akan menjadi semakin meningkat.

2. Mengurangi Risiko Gangguan Tidur
Jika gelap menstimulus hormon melatonin, maka cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu produksi hormon ini. Hal ini dapat menyebabkan sulit tidur, bangun di malam hari, atau bahkan terjaga sampai pagi. Dengan tidur dalam kegelapan, risiko gangguan tidur akan berkurang.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata
Menghadap cahaya lampu dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Jika tidur dengan lampu yang menyala, kita mungkin akan terus menghadap cahaya tersebut selama berjam-jam. Hal ini dapat menyebabkan gangguan mata, seperti kelelahan mata atau sakit kepala.

4. Mengurangi Risiko Gangguan Hormonal
Ruangan kamar yang terlalu terang dapat memengaruhi produksi hormon kortisol. Hormon ini membantu mengatur stres dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan tidur dalam gelap, kamu dapat menjaga produksi hormon kortisol tetap seimbang dan mengurangi risiko gangguan hormonal.

5. Meningkatkan Kenyamanan
Tidur dalam keadaan ruangan yang gelap dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kecemasan. Ruangan yang gelap juga membantu mengurangi gangguan dan suara bising dari luar, sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak hingga pagi hari.

Itu dia alasan mengapa kita sebaiknya tidur dengan lampu mati. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Dengan demikian, kita akan merasa lebih bugar di pagi hari dan siap menjalani aktivitas dengan semangat. Bagi kamu yang belum terbiasa tidur dengan lampu mati, sebaiknya segera mulai kebiasaan baik ini ya, BNI Hi-Movers!

SHARE: