img

Buka Puasa, Ngemil Dulu atau Langsung Makan?

BNI Hi-Movers, kamu termasuk tipe yang mana nih kalo buka puasa?

Tipe yang pas buka hanya cemal cemil makanan ringan atau tipe yang wajib langsung makan makanan berat.

Banyak orang yang langsung memilih untuk makan makanan berat karena merasa perut kosong setelah seharian berpuasa. Namun bagi orang yang tidak terbiasa makan makanan berat saat berbuka, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung atau begah.

Ahli kesehatan menyarankan untuk berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu untuk menghilangkan dahaga. Setelah itu konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang ringan seperti kurma. Boleh saja langsung makan makanan berat seperti nasi, tapi sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan porsi yang berlebihan untuk menghindari lonjakan gula darah.

Banyak orang yang sering melakukan "balas dendam" saat berbuka berpuasa. Mereka langsung mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang tidak sedikit. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar, ternyata kegiatan tersebut menimbulkan efek buruk seperti:

1. Mengantuk
Dengan banyaknya volume makanan yang masuk ke tubuh akan membuat tubuh mengalokasikan sirkulasi darah lebih banyak ke saluran pencernaan demi mengolah makanan. Hal ini disebabkan oleh saluran pencernaan yang bekerja lebih keras karena seharian tidak mengonsumsi apapun, sehingga dapat menyebabkan ngantuk.

2. Naiknya asam lambung
Makan terlalu banyak dapat memicu naiknya asam lambung yang biasa di sebut gastritis. Selain menyebabkan sensasi tidak nyaman dan perih di perut, terkadang beberapa orang bisa mengalami mual-mual bahkan muntah.

3. Kenaikan berat badan
Bulan puasa memang bisa menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan. Namun karena makanan yang dikonsumsi terlalu banyak saat berbuka puasa, kalori yang masuk menjadi berlebihan dan akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu kita harus membatasi porsi makanan dan memastikan asupan nutrisi yang seimbang.

BNI Hi-Movers, walaupun memang perut terasa lapar, kamu harus tetap kontrol asupan makanan kamu saat berbuka ya!

SHARE: