img

Etika Mengirim Pesan Whatsapp yang Harus Diperhatikan BNI Hi-Movers

BNI Hi-Movers, Sebagai karyawan, wajib hukumnya untuk mengetahui etika dalam mengirim pesan kepada rekan kerja maupun atasan. Pasalnya, kita tidak bisa sembarangan saja dalam mengirimnya. Sebab, ada kemungkinan mereka merasa terganggu terhadap pesan tersebut.

Lantas, bagaimana, sih, etikanya agar terlihat profesional dan tidak terkesan mengganggu rekan kerja atau atasan?

1. Perhatikan jam kirim

Sering kali kesalahan para pekerja dalam mengirim pesan adalah tidak memperhatikan jam. Kita belum tentu tahu kalau orang yang dikirimkan pesan sedang ada meeting atau bahkan kegiatan lain saat sedang jam kerja. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kegiatan orang yang bersangkutan sebelum kamu memutuskan untuk mengirimkannya pesan.

Selain itu, usahakan jangan mengirim pesan di luar jam kerja. Sebab, dilansir dari Harvard Business Review, penting juga untuk menghargai work-life balance dari rekan kerja atau atasan.

2. Teliti dalam menggunakan tanda baca

Meski terdengar sepele, salah penggunaan tanda baca saja bisa berakibat fatal karena membuat penerimanya salah menafsirkan isi pesanmu. Hindari penggunaan tanda seru yang tidak diperlukan serta penempatan tanda koma yang tidak tepat. Dengan begitu, penerima pesan dapat memahami isi pesanmu dengan baik.

3. Fokus pada topik pembahasan

Ingat, jangan tergoda untuk membicarakan pembahasan lainnya terlebih dahulu. Sebab, ini akan membuatmu mengulur-ulur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Dilansir dari Workplace, sebisa mungkin langsung fokus untuk mengirimkan pesan sesuai dengan topik pembahasan yang ingin dibicarakan. Hal ini juga berlaku saat kamu ingin mengirimkan pesan dengan urgensi untuk keperluan bisnis.

4. Hindari singkatan yang tidak diperlukan

Jangan sekali-kali menggunakan singkatan yang tidak diperlukan saat mengirimkan pesan kepada rekan kerja atau atasan. Sebab, itu akan membuat etika seorang profesional dalam mengirimkan pesan menjadi berkurang. Sebisa mungkin hindari singkatan seperti lol, prnh, atau singkatan-singkatan lainnya yang tidak resmi.

5. Gunakan bahasa yang sopan

Pastikan, bahasa yang kamu gunakan terdengar sopan sehingga orang yang membacanya juga nyaman. Mungkin, kamu bisa mulai dengan mengucapkan selamat pagi, siang atau malam. Setelah itu, memperkenalkan diri lalu ucapkan apa yang kamu inginkan. Di akhir pesan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepadanya.

6. Hindari penggunaan emoji yang berlebihan

Meski terlihat berwarna, sebaiknya hindari penggunaan emoji yang berlebihan. Sebab, kamu sedang mengirimkan pesan kepada rekan kerja atau atasan, bukan teman atau pasangan. Oleh karenanya, gunakan emoji seperlunya, ya!

Itu dia beberapa etika yang harus diperhatikan oleh para karyawan dalam mengirim pesan, baik kepada rekan kerja atau atasan. Kamu sendiri punya pengalaman unik dan seru saat mengirimkan pesan kepada rekan kerja atau atasan, BNI Hi-Movers? Atau mungkin, punya saran yang lain mengenai etika dalam mengirim pesan? Coba tulis di kolom komentar, yaa!

SHARE: