img

5 Jembatan Terpanjang Di Dunia

BNI Hi-Movers, ada banyak negara yang memiliki jembatan ikonik dan terkenal. Jembatan dianggap bangunan yang penting untuk sebuah wilayah, karena menjadi penghubung daerah satu dengan yang lainnya. Struktur bangunan jembatan dibuat untuk membantu masyarakat menuju ke wilayah lain, dengan jembatan masyarakat bisa menyeberangi sungai, jurang, atau rintangan lainnya tanpa hambatan.

 

Teknologi membuat jembatan terus berkembang, sehingga saat ini pembangun jembatan bisa mencapai ratusan kilometer, yang tentu membuat manusia semakin mudah untuk melakukan perjalanan ke tujuan tertentu.

 

Berikut 5 jembatan terpanjang yang ada di dunia:

1. Jembatan Besar Danyang Khunsan (164 km)

Jembatan terpanjang di dunia saat ini berada di negara China, yaitu The Danyang-Kunshan Grand Bridge (Jembatan Besar Danyang Khunsan). Panjang jembatan mencapai 164,8 kilometer, dan tinggi jembatan ini mencapai sekitar 31 meter. Jembatan Danyang mulai dibangun tahun 2006 dan mempekerjakan lebih dari 10.000 orang. Biaya pembuatan jembatan mencapai US$8,5 juta atau Rp121,3 triliun. Jembatan Danyang melewati sungai, danau, dan sawah untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi. Kereta api tersebut digunakan untuk jalur kota Beijing dan Shanghai.

 

2. Jembatan Changhua-Kaohsiung (157 km)

Jembatan Changhua–Kaohsiung merupakan jembatan kedua terpanjang di dunia. Jembatan ini selesai dibangun tahun 2007 dan digunakan sebagai jalur kereta cepat Taiwan, yang menghubungkan kawasan Zuoying di Kaohsiung dan Baguashan di Changhua. Jalur jembatan kereta api ini dibangun di daerah rawan gempa. Sehingga jalur kereta dirancang bisa bertahan dari gempa bumi. Jika terjadi gempa bumi, kereta akan berhenti otomatis selama gempa, sehingga aman untuk penumpang.

 

3. Jembatan Agung Cangde (116 km)

China memiliki jembatan terpanjang ketiga di dunia, yang dinamai Jembatan Agung Cangde dengan panjang 116 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Beijing dan Kota Shanghai. Pembangunannya rampung pada 2010 dan didesain untuk bisa tahan dari guncangan gempa bumi.

 

4. Jembatan Besar Tianjin (113 km)

Jembatan terpanjang di dunia lagi-lagi terdapat di China. Jembatan Tianjin berada di negara Cina yang digunakan untuk jalur kereta api Beijing Shanghai dengan Langfang ke Qingxian. Jembatan Tianjin didesain dengan jalur layang supaya tidak ada yang bisa melintasi jalur rel kereta api tersebut.

 

5. Jembatan Besar Weinan Weihe (79 km)

Jembatan Besar Weinan Weihe atau bisa juga disebut dengan The Weinan Weihe Grand Bridge ini merupakan jembatan bagian dari Zhenzhou – Xian kereta api dengan kecepatan tinggi. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 79,732 kilometer yang melintas berbagai sungai seperti Sungai Wei yang dillewati dua kali, Sungai Luofu, Sungai Ling, Sungai Xi, Sungai Shi Di dan sungai-sungai serta jalur kereta api dan jalan raya. Dalam pembangunannya, jembatan ini mengerahkan 10.000 pekerja, 2.300.000 meter kubik beton, dan juga 45.000 ton baja.

 

Nah itulah beberapa jembatan terpanjang yang ada di dunia. Ada yang pernah kamu lewatin gak, BNI Hi-Movers?

SHARE: