img

5 Kebiasaan Pagi agar Otak Fokus Sepanjang Hari

BNI Hi-Movers, pernahkah kamu merasa tidak fokus saat menjalani hari?

Perlu kita ketahui bahwa fokus otak dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kesibukan, kecemasan, dan stres turut menjadi pemicu sulitnya otak untuk berkonsentrasi. Untuk itu, kita perlu melatih otak agar tetap fokus seharian.

Siapa sangka, kegiatan-kegiatan kecil di pagi hari yang sering kita anggap sepele justru malah penting untuk melatih fokus otak?

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan aktivitas otak, maka dari itu apa yang kamu kerjakan di pagi hari akan sangat berpengaruh kepada otak kamu di hari itu.

Berikut 5 kegiatan di pagi hari yang bisa bantu otak fokus seharian:
1. Bersyukur
BNI Hi-Movers, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan saat bangun tidur adalah bersyukur. Rasa syukur sangat berpengaruh dengan kebahagiaan yang lebih besar. Ketika kita mempraktikkan rasa syukur terhadap hal-hal kecil, misalnya bersyukur karena bisa bangun tidur dengan sehat dan banyak hal lain yang patut disyukuri, ini membantu kita menghargai apa yang kita miliki.

2. Minum Air Putih
Minum segelas air putih di pagi hari penting untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh yang tidak didapatkan semalaman. Hidrasi berpengaruh pada kemampuan berfikir dan fokus.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi segelas air putih di pagi hari agar tubuh menjadi segar dan otak dapat berkonsentrasi dengan baik. Perlu kita ketahui bahwa umumnya, tubuh manusia memerlukan 7 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air selama sehari.

3. Lakukan Perenggangan dan olahraga ringan 
BNI Hi-Movers, peregangan akan membantu kamu meredakan ketegangan otot, kekakuan sendi, serta meningkatkan sirkulasi dan kelenturan tubuh. Kebiasaan pagi ini juga ampuh memberikan dorongan alami pada pikiran dan membangunkan sistem saraf pusat.

Ini dia rekomendasi langkah-langkah perenggangan sederhana (cukup 2-3 menit saja)

Pertama adalah peregangan punggung bawah, kamu bisa duduk di tepi tempat tidur dengan kaki menapak lantai lalu membungkuk, raih kaki. Tahan selama 10 hitungan. Kedua, peregangan leher, tetap duduk dengan punggung tegap lalu putar leher perlahan searah dan berlawanan arah jarum jam. kamu bisa melakukan ini beberapa kali, BNI Hi-Movers! Terakhir, peregangan bahu, ambil posisi berdiri lalu tautkan jari-jari tangan kanan dan kiri lalu angkat di atas kepala. Angkat dan tarik ke atas dalam 10 hitungan.

 

Kamu juga bisa mencoba untuk rutin melakukan olahraga ringan di pagi hari, hal ini bagus untuk membuat otak kamu fokus seharian lho!

4. Sarapan
Pilih menu sarapan yang mendukung kesehatan usus. Jangan sampai kamu memberi pekerjaan berat bagi usumu di pagi hari, BNI Hi-Movers! Pilihlah menu sarapan yang terdiri dari buah-buahan, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan. Perpaduan oatmeal dan potongan buah, smoothie pisang dan nanas atau sandwich dari roti gandum dan isian selai kacang bisa jadi pilihan.

Mikroorganisme di usus kita melepas neurotransmitter, vitamin, hormon dan molekul sinyal lain yang dapat mempengaruhi mood, tingkah laku dan fungsi kognitif kita lho!

5. Membaca
Kamu bisa coba untuk membiasakan diri untuk membaca di pagi hari. Kamu bisa membaca buku, koran, ataupun majalah, tergantung dengan apa yang kamu sukai. Selain memperkaya kecerdasan otak dengan informasi baru, kegiatan membaca buku atau koran pagi juga dapat meringankan pikiran sejenak dari kesibukan sehari-hari sebagai cara untuk mengatasi stres dan melatih fokus kamu.

Itulah 5 kebiasaan yang baik untuk lakukan di pagi hari, agar dapat membuat otak kamu fokus seharian. Tidak memerlukan waktu yang lama, kamu hanya perlu konsisten dan menyisihkan waktu kurang dari 10 menit untuk melakukannya.

SHARE: