img

Tips Menyimpan Dokumen Penting agar Tidak Rusak, Jangan Dilaminasi!

BNI Hi-Movers, dokumen merupakan aset penting yang dimiliki secara pribadi ataupun keluarga. Dokumen berharga seperti akta kelahiran, KTP, dan ijazah serta sertifikat-sertifikat lainnya wajib diamankan karena rentan mengalami kerusakan. Apalagi pada musim hujan dan rawan banjir seperti sekarang, bila tidak berhati-hati dokumen pentingmu bisa basah dan hancur. Pasti nggak mau kan repot ngurus perbaikan dokumen penting, apalagi bila dokumen tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu?

Ini dia tips untuk menyimpan dokumen penting agar tidak rusak:
1. Jangan laminasi dokumen penting!
Banyak orang yang menganggap laminasi bertujuan untuk melindungi dokumen penting, dokumen akan aman, bagus dan bertahan lama. Namun kenyataannya ternyata sebaliknya, BNI Hi-Movers! Proses laminasi bisa merusak dokumen, jadi jangan melaminasi dokumen pentingmu di rumah ya!

2. Scan dan simpan soft file dokumen penting
Cara paling efektiif untuk menyimpan dokumen penting adalah dengan melakukan proses scanning dan menyimpan soft filenya di USB Drive, laptop, atau komputermu. Soft file juga dapat disimpan secara online dengan memanfaatkan Google Drive, Cloud Drive, atau media penyimpanan lainnya sehingga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu, kamu bisa menggunakannya tanpa perlu membawa dokumen aslinya.

3. Perbanyak dokumen pentingmu dengan fotokopi
Selain menyimpannya secara online, kamu juga wajib memperbanyak dokumen dengan cara fotokopi. Pastikan mempunyai fotokopian dokumen sebanyak 5 hingga 10 lembar untuk mengantisipasi dokumen hilang. Apabila kamu perlu menunjukkan dokumenmu ke pihak lain, maka manfaatkan fotokopian dokumen agar dokumen aslimu tetap aman di rumah. Jangan lupa legalisir fotokopiannya sebagai jaminan keaslian dokumen ya, BNI Hi-Movers!

4. Enkapsulasi dokumen
Enkapsulasi dokumen adalah salah satu tips untuk memelihara dokumen penting, dengan cara menggunakan bahan pelindung seperti plastik mika film/polyester. Cara ini direkomendasikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta melalui akun Instagram @arsip_jakarta.

Cara untuk enkapsulasi dokumen pun sangat mudah: Pertama, letakkan dokumen di atas plastik astralon. Lalu, letakkan pemberat di atas dokumen agar tak bergeser. Selanjutnya tempelkan double tape di sekeliling arsip. Setelah itu, tempelkan plastik astralon yang lain untuk menutup, dan pindahkan pemberat ke atasnya. Buka pelan-pelan perekat double tape, dan tekan pelan-pelan menggunakan kain untuk merekatkan. Terakhir, potong plastik astralon menggunakan cutter dan penggaris besi agar ukurannya sesuai.

BNI Hi-Movers, saat memasang double tape jangan lupa untuk memberikan jarak sedikit antara dokumen dan double tape ya! Supaya masih ada sirkulasi udara.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan dokumen penting agar tidak rusak.

Mulai sekarang ganti laminasi dokumen menjadi enkapsulasi dokumen ya, BNI Hi-Movers!

SHARE: