img

Kebiasaan Minum Air Ternyata Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental

BNI Hi-Movers, Karena menjadi bagian dari keseharian, terkadang kita kurang aware dengan hal-hal ini, contohnya saja mendapatkan sinar matahari yang cukup, melakukan aktivitas fisik dan olahraga dengan rutin, tidur dalam durasi yang tepat, dan nggak terkecuali juga makanan serta minuman yang kita konsumsi.

Yup, nggak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, faktor-faktor tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan mental kita juga lho.

Ada satu kebiasaan yang simple banget, namun punya pengaruh besar minum air yang cukup setiap hari. Dengan meningkatnya tren minuman manis beberapa tahun belakangan, rutinitas minum air jadi sering terabaikan.

Padahal menurut sebuah jurnal yang dirilis oleh National Library of Medicine di tahun 2018, berdasarkan studi cross-sectional pada 3000 orang dewasa, minum air dalam jumlah yang cukup dapat diasosiasikan dengan menurunnya risiko depresi dan gangguan kecemasan (anxiety). Studi ini membuktikan bahwa orang dewasa yang minum air hanya 2 gelas per hari lebih memiliki risiko gangguan kecemasan.

Disinyalir ada kaitannya antara jumlah air yang kita konsumsi setiap hari dengan penurunan aktivitas sistem saraf simpatik. Semakin sedikit air yang diminum, aktivitas sistem saraf simpatik ini semakin tinggi, menyebabkan detak jantung dan napas lebih cepat.

Selain itu, produksi hormon norepinephrine pun meningkat. Level hormon norepinephrine yang tinggi dapat menjadi indikasi depresi psikosomatis. Tanda-tandanya adalah konsentrasi menurun, susah fokus, sakit kepala, dan mood yang terganggu.

Mood jadi lebih baik karena hidrasi tercukupi

Studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa hidrasi yang cukup membuat mood kita lebih baik. Ketika kekurangan air, tubuh kita akan jadi cepat lelah dan mudah tegang. Hal ini dapat mengganggu pikiran dan mood kita juga.

Dari studi tersebut, ditemukan bahwa orang yang dehidrasi merasa nggak tenang, mudah cemas, dan tegang. Di sisi lain, orang-orang yang terhidrasi dengan baik generally merasa lebih senang dan dapat berpikir dengan jernih.

Jadi, coba lebih aware dengan keseharianmu ya. Bila mulai merasa down dan sulit konsentrasi padahal sedang nggak ada masalah, coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali kamu minum air.

Ternyata penting banget ya minum air untuk kesehatan mental kita BNI Hi-Movers. Let’s stay healthy body, mind, and soul!

SHARE: