img

7 Cara Mengatasi Tangan yang Kram saat Bekerja Dikantor

Hi BNI Hi-Movers, Sedang mencari cara mengatasi tangan kram yang mudah untuk dilakukan? Kamu ada di artikel yang tepat!

Bagi kamu yang kerja seharian mengetik di depan laptop, pasti cukup sering mengalami kram di jari, pergelangan, atau bagian tangan yang lain. Hal ini tentu saja sangat mengganggu fokus dan konsentrasi saat bekerja. Jangan biarkan terlalu lama, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk meredakan rasa sakit karena kram tersebut.

1. Hentikan kerja sejenak

Cara pertama untuk mengatasi tangan kram adalah dengan berhenti sejenak dari pekerjaanmu. Rasa kram yang dirasakan bisa disebabkan karena kamu telah ada di posisi tersebut untuk waktu yang lama tanpa jeda sedikitpun. Misalnya saja aktivitas mengetik, mengangkat barang, dan lain sebagainya. Saat kamu memaksa untuk melanjutkan aktivitas, rasa sakit tersebut kemungkinan akan bertambah parah dan berisiko sebabkan cedera.

2. Pijat perlahan

Bagaimana cara memijat yang tepat untuk redakan sakit karena kram di tangan? Kamu cukup memijat bagian otot yang pegal atau sakit menggunakan jempol dengan tekanan yang sedang dan tidak terlalu kencang. Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar di bagian punggung, telapak tangan, serta sela-sela jari, terutama di antara jari telunjuk dan jempol. Bila perlu, kamu juga bisa memijat seluruh bagian tangan dimulai dari telapak tangan, lengan, hingga bahu lalu ulangi gerakan yang sama sampai ototmu benar-benar rileks. Apabila saat pulang kerja kram masih datang kembali, tidak ada salahnya untuk memanggil terapis atau pijat profesional.

3. Lakukan stretching

Salah satu penyebab tangan kram adalah peredaran darah yang kurang lancar. Untuk mengatasinya, sebenarnya tidak cukup hanya dilakukan di satu waktu saja. Kamu perlu rutin berolahraga, mengatur pola makan sehat, hingga menurunkan berat badan. Namun, ketika kram menyerang, stretching atau peregangan bisa sedikit membantu mengurangi rasa sakitnya.

Dilansir dari Web MD, berikut adalah beberapa contoh gerakan peregangan jari-jari tangan yang bisa kamu coba:
- Kepalkan salah satu tangan selama 30-60 detik. Setelah itu, buka kepalan tangan lalu ulangi gerakan tersebut sebanyak 4x.
- Posisikan semua jari tangan di atas meja dengan posisi 100% datar tanpa adanya tekanan pada sendi-sendi tangan.
- Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik. Setelah itu, kembali rilekskan tanganmu dan ulangi gerakan sebanyak 4x.
- Apabila di sekitar mejamu terdapat mainan bola elastis atau semacam stress ball, remas-remas bola tersebut sekencang mungkin dan tahan gerakan selama beberapa detik saja.
- Ulangi gerakan selama 10-15x di tangan kanan dan kiri. Cara yang satu ini sangat direkomendasikan untuk rutin dilakukan 2-3x setiap minggu dengan jarak 48 jam di tiap sesinya (tidak boleh setiap hari).

4. Minum air putih

Cara mengatasi tangan kram selanjutnya adalah dengan minum air putih yang cukup. Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab tangan atau jari kram, salah satunya adalah dehidrasi. Saat kekurangan cairan, tubuhmu pasti akan memprioritaskan cairan pada organ-organ utama, seperti jantung dan paru-paru. Akibatnya, bagian tubuh lain seperti otot dan saluran pencernaan hanya mendapatkan sisa cairan yang ada. Itulah mengapa ketika kamu tidak minum air dengan cukup, otot akhirnya perlu bekerja lebih keras untuk berfungsi. Hal ini yang menyebabkan kram dan rasa sakit pada otot.

5. Kompres hangat

Cara selanjutnya adalah dengan mengompres hangat pada bagian tangan yang kram. Jika memungkinkan, coba temukan handuk kecil bersih di pantry kantor. Gunakan handuk tersebut untuk kompres hangat. Namun, bila tidak ada, kamu juga bisa gunakan ice pack untuk mengompres tangan. Baik kompres hangat maupun dingin, keduanya sama-sama bisa membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh kram. Kompreslah selama 20-30 menit saja. Setelah itu, padukan dengan teknik pijat atau stretching agar mempercepat pemulihan.

6. Perbaiki postur mengetik

Untuk mencegah agar kram tidak terjadi lagi, jangan kembali pada postur tubuh yang kurang baik. Perbaiki postur duduk dengan posisi punggung yang tegak dengan bahu yang rileks. Posisikan tangan sejajar dengan keyboard. Jadi, usahakan untuk tidak meletakkannya terlalu atas atau bawah dari jangkauan tanganmu. Kamu juga bisa menyesuaikan tinggi kursi untuk menetapkan posisi mengetik yang paling nyaman untukmu.

7. Konsultasikan ke dokter

Dilansir dari Healthline, penyebab kram pada tangan sangatlah beragam, mulai dari kekurangan magnesium, dehidrasi, hingga penyakit seperti rheumatoid arthritis. Kram yang disebabkan karena kekurangan magnesium pasti tak cukup apabila diatasi dengan cara minum air. Jadi, apabila kram terlalu sering menghampiri dan semakin mengganggu pekerjaanmu, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Mereka akan membantu mengidentifikasi penyebab utama dari kram tangan yang kamu rasakan. Dengan begitu, pengobatannya pun akan lebih tepat dan cepat.

Nah, Demikian 7 cara mengatasi tangan kram yang bisa BNI Hi-Movers coba. Semoga hal ini bisa segera kamu obati dan cegah dengan baik agar tidak datang lagi di kemudian hari yaa.

SHARE: