img

Yuk, Ketahui Olahraga yang Membantu Meningkatkan Pernapasan

Hi BNI Hi-Movers, Olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah yang mampu mengoptimalkan kapasitas paru-paru. Kemampuan ini umumnya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Usia puncak kemampuan ini biasanya ketika manusia mencapai 20-an tahun.

Selain usia, kondisi tertentu juga bisa membuat seseorang memiliki kapasitas paru-paru di bawah standar. Penyakit tertentu juga bisa bisa membuat kapasitas dan fungsi paru-paru menurun signifikan. Salah satu tanda yang mungkin muncul adalah kesulitan bernapas dan sesak napas.

Beruntung, ada cara untuk menjaga paru-paru tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Olahraga salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga organ utama pernapasan ini. Latihan fisik bisa membantu seseorang lebih mudah menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru yang sehat bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkan tubuh dengan baik.

7 Olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan

Untuk mereka yang mengalami penurunan fungsi paru-paru atau ingin menjaga organ ini tetap optimal, berikut olahraga yang bisa dilakukan:

1. Jalan kaki

Pilihan paling mudah untuk olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah jalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja oleh semua orang, termasuk yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik. Jalan kaki juga bagus dijadikan pilihan bagi yang ingin memulai aktivitas olahraga setelah lama tidak melakukannya.

2. Sepeda statis

Pilihan olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan lain adalah sepeda statis. Namun pastikan kamu melakukannya sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Jika perlu, konsultasikan dengan instruktur profesional agar tidak terjadi cedera. Jika sudah mahir, lakukan peningkatan intensitas secara bertahap dan hentikan latihan bila muncul sesak napas.

3. Berenang

Olahraga yang juga bagus untuk melatih paru-paru adalah berenang. Kegiatan ini mengajari tubuh menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Misalnya, dengan melihat dari penurunan detak jantung dan laju pernapasan saat berolahraga. Olahraga renang juga bagus untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, serta minim resiko cedera.

4. Lompat tali

Aktivitas lompat tali juga dianggap bagus untuk paru-paru karena tergolong latihan kardio. Jika dilakukan dengan teratur, olahraga dapat membuat kinerja paru-paru dan jantung menjadi lebih efisien.

5. Angkat beban

Pilihan lain yang bisa dijadikan sebagai olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah angkat beban. Latihan fisik ini merupakan salah satu kegiatan untuk melatih kekuatan otot, yang juga berguna dalam menguatkan otot pernapasan.

6. Pilates

Pilates juga bagus untuk menguatkan otot pernapasan. Latihan ini juga bisa membangun kekuatan inti dan memperbaiki postur tubuh. Tak heran jika teratur melakukannya akan bermanfaat bagi sistem pernapasan.

7. Taichi

Salah satu latihan fisik kuno yang berasal dari China ini termasuk olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan. Taichi dilakukan dengan gerakan lembut dan mengalir, sehingga tidak mengagetkan sistem napas. Meski termasuk latihan ringan untuk jantung dan paru-paru, gerakan-gerakan taichi juga bisa mengencangkan otot. Luar biasa, bukan?

Rutin menjalankan olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah langkah tepat dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun olahraga saja mungkin belum cukup ya BNI Hi-Movers. Kamu juga sebaiknya mengimbangi latihan fisik tersebut dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Kombinasi langkah-langkah ini niscaya akan membuat kesehatan tubuh BNI Hi-Movers menjadi lebih baik lagi.

SHARE: