img

Kebiasaan Sederhana yang Mampu Redakan Stres

ARTIKEL: 
BNI Hi-Movers, Stres selalu ada di dalam kehidupan seseorang, bisa timbul kapan saja dan pada siapa saja. Stres bisa muncul karena banyak hal, seperti masalah di tempat kerja, masalah dengan teman, masalah rumah tangga, hingga cicilan yang harus dilunasi setiap bulannya juga dapat meningkatkan kadar stres.

Kondisi stres tidak boleh dibiarkan berlarut begitu saja. Stres yang terus berlanjut bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Stres memang kondisi yang umum terjadi, tapi tetap saja tidak bisa dianggap remeh karena bisa berdampak buruk.

Untuk mengatasi stres yang dapat mengganggu kesehatan, kita perlu melakukan manajemen stres. Ada beberapa kebiasaan untuk meredakan stres yang bisa kamu lakukan. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat mencegah dampak lanjutan dari stres yang berlarut-larut, diantaranya adalah:

1. Meditasi
Hasil studi menunjukan bahwa latihan meditasi dapat menyebabkan penurunan fisiologis stres, secara khusus dapat membantu menurunkan kadar kortisol, tekanan darah, dan detak jantung.
 
2. Olahraga Rutin
Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur adalah cara yang bagus untuk membantu mengelola stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
 
Misalnya, latihan aerobik yang dapat meningkatkan kadar endorfin. Kadar ini bekerja langsung pada reseptor opiat pada otak untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan senang.
 
Olahraga juga diketahui dapat mengurangi kadar hormon stres tubuh, khususnya adrenalin dan kortisol.
  
3. Melakukan Hal yang kamu Sukai
Kerjakan apapun yang kamu sukai seperti, berlatih alat musik, melukis, memasak ataupun bermain dengan anak-anak. Seorang ahli merekomendasikan untuk melakukan apapun yang dapat menjauhkan kamu dari kekhawatiran agar dapat menurunkan tingkat stres.
 
4. Meningkatkan Asupan Makanan Penurun Stres
Makanan seperti salmon, trout, makarel, teri, sarden, dan herring adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega-3 penghilang stres yang dikenal sebagai DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).
 
Makanan kaya vitamin C juga bisa membantu menurunkan tingkat stres. Misalnya saja, seperti paprika merah dan hijau, jeruk, anggur, dan kiwi.
 
Selain itu, makanan fermentasi seperti yogurt, kombucha, kefir, tempe, dan sauerkraut mengandung bakteri ramah yang dikenal sebagai probiotik. Probiotik ini punya kemampuan untuk mengurangi tingkat stres.

5. Jaga Pola Tidur yang Baik
Kurang tidur dapat berkontribusi pada tingkat stres yang lebih tinggi. Selain itu, stres juga dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk, yang pada akhirnya dapat menambah stres.
Tidur selama 7-9 jam adalah kunci. Hal tersebut dapat membantu menurunkan kortisol dan beban adrenal Anda.

6. Mendengarkan Musik 
Memainkan lagu favorit Anda juga dapat mengurangi tingkat stres. Musik yang ceria dapat membantu sebagai penambah suasana hati, sementara musik yang lebih lambat dapat membantu menenangkan pikiran, mengendurkan otot, dan melepaskan stres.
 
BNI Hi-Movers, Itulah beberapa Kebiasaan Sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres. Semoga Bermanfaat ya!

SHARE: