img

Cocok untuk Wisata, ini Destinasi Liburan di Indonesia Rasa "Luar Negeri"

Hi BNI Hi-Movers, Indonesia menyimpan banyak sekali pesona wisata yang mengagumkan dan juga populer tak hanya di kalangan wisatawan domestik namun juga luar negeri. Mulai dari kekayaan budaya, keindahan alam, hingga ragam cita rasa kuliner membuat liburan di Indonesia menjadi agenda yang rasanya takkan habis untuk dibicarakan.

Liburan di Indonesia menjadi khas karena ada banyak sekali destinasi liburan di Indonesia yang sangat otentik dan rasanya sulit untuk ditemukan juga dengan berlibur ke luar negeri. Sebut saja megahnya Candi Borobudur, keindahan Raja Ampat, menakjubkannya Wae Rebo, atau lezatnya berburu ragam jenis Soto yang ada di Nusantara.

Namun, dibalik semua itu ada pula destinasi liburan di Indonesia yang memiliki atmosfer bak tempat wisata populer yang ada di luar negeri, lho! Yuk, intip berbagai destinasi liburan di Indonesia dengan rasa "luar negeri" berikut:

1. Pulo Cinta di Gorontalo dan Bora-Bora di Haiti

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, tak heran jika destinasi liburan di Indonesia kaya akan pulau-pulau atau gugusan kepulauan yang indah, lengkap dengan kekayaan alam bawah lautnya. Salah satunya bisa kamu temukan di Pulo Cinta, Gorontalo.

Destinasi liburan di Indonesia ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan tak kalah indah dari Bora-Bora di Haiti ataupun Maladewa yang terkenal juga akan pulau-pulaunya yang cantik.

Untukmu pecinta diving ataupun snorkeling, Pulo Cinta menjadi tujuan liburan di Indonesia yang wajib kamu kunjungi sebelum menjelajahi wisata di Bora-Bora ataupun Maladewa.

2. Brown Canyon di Semarang dan Grand Canyon di Amerika Serikat

Siapa yang tidak tahu Grand Canyon? Tebing jurang menakjubkan yang terbentuk oleh aliran sungai Colorado di utara Arizona ini memang menjadi salah satu ikon pariwisata di Amerika Serikat yang sangat populer. Tapi, siapa sangka, pemandangan serupa juga bisa kamu temukan dengan berlibur di Indonesia.

Tepatnya di Desa Rowosari Tembalang, kamu bisa mengunjungi destinasi liburan di Indonesia yang kerap dijuluki sebagai 'Grand Canyon'-nya Semarang. Meski sepintas pemandangan yang ditawarkan Brown Canyon ini terlihat menyerupai wisata luar negeri Grand Canyon, destinasi wisata liburan di Indonesia satu ini tidak terbentuk secara alami melainkan sisa-sisa dari lahan pertambangan yang sudah tak lagi aktif.

Dengan pemandangan eksotis yang terdapat di Brown Canyon, destinasi wisata liburan di Indonesia ini jadi salah satu spot wisata instagramable yang sayang tuk dilewatkan saat mengunjungi Semarang.

3. Patung Buddha Tidur di Mojokerto dan "Reclining Buddha" di Wat Pho, Thailand

Destinasi liburan di Indonesia selanjutnya ini pasti akan mengingatkanmu dengan "Reclining Buddha" yang berlokasi di Wat Pho, Thailand. "The Sleeping Buddha" yang berwarna keemasan merupakan salah satu tujuan wisata luar negeri favorit yang berada di Thailand. Namun, di komplek Mahavihara Majapahit yang berada di Trowulan, Mojokerto, kamu bisa menemukan patung yang menyerupai patung tersebut.

Patung Buddha Tidur ini digagas oleh YM Viryanadi Mahathera, biksu sekaligus pengrajin patung dari Trowulan. Berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia ini kamu juga bisa menemukan miniatur Candi Borobudur serta taman yang dirancang dengan sangat indah dan asri.

4. Kebun Raya Cibodas dan "Cherry Blossom" di Jepang

Berbicara soal destinasi wisata musim semi, Jepang kerap menjadi salah satu tujuan favorit karena keindahan bunga Sakura yang bermekaran. Tapi, untuk menikmati keindahan bunga Sakura ternyata kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang karena terdapat destinasi liburan di Indonesia yang juga menawarkan keindahan bunga dengan kelopak berwarna merah muda ini.

Untuk kamu yang ingin sensasi liburan ke Jepang dengan rasa lokal, cobalah kunjungi Kebun Raya Cibodas pada periode Januari hingga Maret karena pada periode ini merupakan saat-saat pohon-pohon Sakura yang ditanam di tempat ini bermekaran. Tak perlu biaya banyak bukan untuk liburan di Indonesia dengan rasa bak liburan keluar negeri.

5. Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri dan Arc De Triomphe di Paris

Paris merupakan kota yang indah dan kerap menjadi wishlist destinasi liburan keluar negeri. Tak hanya terkenal akan Menara Eiffel, Paris juga memiliki landmark lainnya yang tak kalah ikonik, yakni Arc De Triomphe. Monumen ikonik ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa-jasa para tentara.

Monumen serupa tapi tak sama juga terdapat di pusat kota Kediri, tepatnya di kawasan Simpang Lima Gumul. Kerap disebut dengan nama Monumen Simpang Lima Gumul arsitektur dari landmark Kediri ini hampir menyerupai Arc De Triomphe namun dengan detail yang berbeda. Dihiasi dengan ornamen ukiran budaya Jawa dengan tulisan 'Kediri Lagi', destinasi liburan di Indonesia ini bak destinasi wisata luar negeri dengan rasa dalam negeri.

6. Janjang Koto Gadang di Bukittinggi dan Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina atau "The Great Wall of China" merupakan destinasi liburan luar negeri yang tak pernah sepi dari kunjungan dari kunjungan wisatawan. Ingin mengunjungi Tembok Besar Cina namun masih belum memiliki budget yang cukup? Cobalah singgah ke Bukittinggi.

Bukittinggi terkenal akan keberadaan Jam Gadang-nya yang ikonik. Namun, destinasi liburan di Indonesia ini juga memiliki pesona wisata lainnya, yaitu Janjang Koto Gadang atau dikenal juga dengan nama Janjang Saribu. Janjang Koto Gadang sendiri merupakan tangga dan jalan yang bertembok ini melintas mulai dari Koto Gadang di lembah Ngarai Sianok lalu naik ke Bukittinggi yang telah ada sejak zaman kolonialisasi Belanda.

Selain kemiripannya dengan Tembok Besar Cina, pemandangan alamnya yang indah dan asri menjadi daya tarik tambahan dari tujuan liburan di Indonesia satu ini.

7. Masjid Agung Semarang dan Masjid Nabawi di Madinah

Destinasi liburan di Indonesia yang mirip dengan wisata di luar negeri selanjutnya merupakan objek wisata religi yang ada di Semarang. Masjid Agung Semarang merupakan masjid megah yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang.

Terkenal akan arsitekturnya yang megah, Masjid Agung Semarang dibangun di atas lahan seluas sekitar 10 hektar dengan arsitektur campuran Jawa, Islam dan Romawi. Salah satu keunikan dari destinasi wisata religi ini adalah keberadaan enam buah payung raksasa yang bisa dibuka untuk memayungi para jemaah.

Mengunjungi destinasi wisata religi di Indonesia satu ini, kamu pasti langsung akan teringat dengan Masjid Nabawi yang berada di Madinah karena kemiripan serta kemegahannya yang serupa.

8. Taman Nasional Baluran dan Savana di Afrika

Tak perlu melanglang buana untuk menemukan keindahan alam savana di Benua Afrika karena pemandangan serupa juga bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. Salah satu taman nasional di Indonesia terpopuler ini memiliki banyak ekosistem mulai dari gunung, pantai, hingga savana yang kerap dijuluki sebagai "Afrika kecil" di pulau Jawa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi liburan di Indonesia yang mirip dengan savana di Afrika ini adalah pada saat musim kemarau karena rerumputan di savana ini mulai menguning dan beberapa pohon mulai meranggas, membuatnya semakin terlihat bak tengah berada di safari Afrika. Tertarik mengunjungi tujuan liburan di Indonesia satu ini?

9. Hutan Bambu Keputih di Surabaya dan Hutan Bambu Sagano di Jepang

Satu lagi destinasi liburan di Indonesia yang menyerupai destinasi liburan di luar negeri yaitu Hutan Bambu Keputih di Surabaya. Destinasi wisata alam satu ini menawarkan keasrian serta keunikan pemandangan barisan pohon bambu yang tak cuma indah namun juga meneduhkan.

Keindahan dari Hutan Bambu Keputih di Surabaya ini bahkan disebut-sebut tak kalah dengan kembarannya yang berada di Jepang, yakni Hutan Bambu Sagano yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke negeri matahari terbit ini.

Untukmu yang gemar berburu foto-foto instagramable, jelas destinasi liburan di Indonesia satu ini tak boleh sampai kelewatan!

Siapa bilang liburan di Indonesia nggak lebih keren daripada liburan keluar negeri? Selain wisatanya yang khas, ternyata ada banyak bukan destinasi wisata di Indonesia yang sama indahnya dengan wisata di luar negeri. Dari berbagai rekomendasi tujuan wisata di Indonesia dengan rasa luar negeri tersebut, mana yang jadi pilihan favorit BNI Hi-Movers untuk destinasi liburan selanjutnya?

SHARE: