img

Dukung Pembiayaan Hijau, BNI Danai Proyek PLTS Medco Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk menyalurkan pembiayaan berkelanjutan termasuk pembiayaan hijau (green financing) guna mendukung target pemerintah untuk mencapai net zero emission pada 2060.

Sebagai realisasi komitmen tersebut, BNI memberikan fasilitas kredit kepada PT Medcosolar Bali Timur untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 25 Megawatt peak (MWp) di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

PLTS tersebut merupakan ground mounted solar PV terbesar di Indonesia .
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kredit, di mana BNI diwakili oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 Ditya Maharhani Harninda bersama Direktur PT Medcosolar Bali Timur Myrta Sri Utami, di Kantor PT Medco Power Indonesia, Jakarta, Rabu (20/03/2024).

Dalam keterangannya, Direktur Wholesale and International Banking BNI Agung Prabowo mengungkapkan, dengan bergabungnya BNI dalam pendanaan Green Loan tersebut akan meningkatkan pertumbuhan portofolio Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) BNI dengan nilai yang cukup signifikan.

“Saat ini pembiayaan BNI telah berfokus pada proyek-proyek dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan,” ujarnya.

Menurut Agung Prabowo, hal tersebut sejalan dengan misi PT Medco Power Indonesia sebagai salah satu induk usaha PT Medcosolar Bali Timur untuk membangun nilai jangka Panjang dengan portofolio bisnis energi bersih Independent Power Producer (IPP), Operation & Maintenance (O&M) dan energi terbarukan yang berkelanjutan.

Agung menambahkan, dalam jangka panjang BNI akan terus membukukan catatan kinerja positif dari ekspansi portofolio hijau sekaligus implementasi ESG di seluruh lini bisnis dengan menerapkan praktik tata kelola perusahaaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

“Green ekonomi merupakan salah satu komitmen jangka panjang BNI. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau,” pungkasnya.

SHARE: