img

Sering Tertukar! Yuk, Pelajari Perbedaan Kreatif dan Inovatif

BNI Hi-Movers, mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan kreatif dan inovatif mungkin boleh dibilang hal yang cukup sepele. Walaupun begitu, cukup banyak dari kita yang mungkin akan kesulitan ketika diminta untuk mendeskripsikan beda kreatif dan inovatif.

Ketika sudah bisa meletakkannya di dua rak yang berbeda, kita mempunyai kapasitas untuk menjabarkan dua hal yang masih memiliki kaitan tersebut. Di samping itu, kita juga bisa mulai mengelompokkan mana saja kerja-kerja kreatif dan mana saja upaya-upaya inovatif ketika menemuinya di dunia pekerjaan. Oh ya, di bidang pekerjaan tertentu, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif bisa memberikan dampak signifikan pada jenjang karier yang sedang kamu tapaki, lho. Jadi, apa sih beda kreatif dan inovatif? berikut penjelasannya.

Kreatif

Menurut Business Insider, kreatif adalah berbagai hal yang berhubungan dengan upaya mengeluarkan potensi pikiran untuk mendapatkan ide. Jadi fokus dari upaya kreatif adalah untuk mendapatkan ide. Sesuai dengan penjelasan Business Insider, ada dua cara yang bisa digunakan untuk memproduksi ide kreatif. Pertama melalui eksperimen pikiran. Yang kedua, mengolah segala sesuai yang diterima oleh pancaindra dan memunculkannya sebagai ide.

Inovatif

Melansir Business Insider juga, inovasi adalah upaya untuk memperkenalkan suatu perubahan pada sistem yang relatif stabil. Boleh dikatakan, inovasi merupakan hasil dari penerapan dari ide-ide kreatif. Misalnya, sebuah “Perusahaan A” mengidentifikasi suatu problem di masyarakat yang belum tereksekusi dengan baik. Ia melihat problem tersebut dan berusaha untuk mencari solusinya.

Ketika solusi tersebut sudah diterapkan dan difungsikan untuk mengatasi problem yang ada, hal tersebut bisa dikatakan sebuah upaya inovasi. Yang kita dapat garis bawah di sini, fokus dari inovasi adalah memperkenalkan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru tersebut dapat berupa ide baru, metode baru, ataupun solusi baru.

Merangkum dari penjelasan sumber Business Insider, perbedaan kreatif dan inovatif terletak pada fokusnya. Fokus utama dari proses kreatif adalah memproduksi ide. Sementara, inovasi mempunyai fokus yakni menciptakan sesuatu yang baru. Dengan fokus utamanya yakni memproduksi ide tanpa embel-embel tertentu, hal tersebut membuat upaya kreatif lebih sulit untuk diukur. Sedikit berbeda dengan upaya-upaya inovatif yang fokusnya adalah membuat sesuatu yang baru. Keberadaan predikat ‘baru’ itu membuatnya lebih mudah untuk diukur.

Kenapa Kreatif dan Inovatif Penting dalam Bisnis?

Sesuai dengan penjelasan Business Daily News, kreatif dan inovatif adalah hal yang terbilang penting pada bisnis. Melalui dua hal tersebut, sebuah bisnis bertumbuh dan berkembang dengan baik di pasar. Beberapa contoh efek dari penerapan kreativitas dan inovasi yang tereksekusi dengan baik antara lain adalah sebagai berikut:

-Membuat bisnis memiliki ciri unik di pasaran.
-Dapat membedakan bisnis dengan bisnis yang dimiliki oleh kompetitor.
-Membangun brand image yang membuat bisnis memiliki nilai unik di mata konsumen.

Nah, BNI Hi-Movers, itu tadi yang dimaksud tentang perbedaan kreatif dan inovatif. Semoga kamu makin memahami beda dari dua hal yang dimaksud dan dapat lebih Kreatif juga Inovatif lagi saat bekerja, ya.

SHARE: