img

Cara Hadapi Rekan Kerja yang Terlalu Demanding

BNI Hi-Movers, kolaborasi adalah makanan sehari-hari di tempat kerja. Namun, perlu dibedakan ketika rekan kerja justru terlalu bergantung pada kamu atau orang lain. Saat kondisi pekerjaan padat deadline, ada rekan kerja yang terus meminta tolong melakukan hal yang sebenarnya di luar tanggung jawab kamu. Mungkin hal yang diminta tidak seberapa, tapi distraksi ini bisa mengganggu progress pekerjaan kamu, lho

Ketergantungan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti mendapatkan peran baru, rekan kerja baru saja mendapatkan kritik, bekerja di bawah manajer baru, adanya PHK di divisi mereka, atau bahkan masalah personal. Menurut Society for Human Resource Management, kehidupan pribadi seseorang bisa mempengaruhi kemampuannya untuk bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja, manajer, atau klien.

Namun, sebagai rekan kerja atau manajer, menurut Insperity, kamu bisa memberikan dukungan yang sesuai dengan kapasitas dan standar di lingkungan kerja. Nah, berikut beberapa ciri dan tips mudah menghadapi rekan kerja yang sering bergantung pada orang lain.

1. Menetapkan batasan

Dalam menghadapi rekan kerja tipe ini, kamu harus membuat batasan yang tegas. Berinteraksi terlalu jauh, seperti membicarakan masalah personal bisa membuat kamu terlihat sebagai orang yang bisa dipercaya. Sehingga, rekan kerja menjadi tidak segan saat meminta bantuan dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadinya. Batasi interaksi kamu menjadi interaksi profesional dan hanya membahas hal-hal terkait pekerjaan di kantor.

2. Bantu mencari solusi, bukan memberikan solusi

Dibandingkan terus menerus memberikan solusi kepada rekan kerja yang suka bergantung padamu, sebaiknya bantu dia untuk menemukan solusi sendiri. Jadi jangan langsung memberi solusi dan minta dia berpikir sendiri kira-kira solusi seperti apa yang dibutuhkan. Hal ini bisa membantu rekan kerjamu untuk mengasah skill problem solving dan menjadi lebih mandiri ke depannya.

3. Bantu rekan kerja lebih percaya diri

Kebergantungan rekan kerja kamu mungkin didasari atas rasa kurang percaya diri. Kamu bisa membantu dengan evaluasi kekurangan yang ia miliki dalam pekerjaan dan memberikan pelatihan agar rekan kerja berkembang. Alhasil rasa percaya dirinya akan meningkat dalam menyelesaikan tanggung jawab.


Nah, BNI Hi-Movers itulah ciri-ciri dan cara menghadapi rekan kerja yang suka bergantung pada kamu atau orang lain. Semoga dengan solusi di atas, rekan kerjamu jadi lebih mandiri dan tidak terus-terusan menyusahkanmu, ya. Happy Monday!

SHARE: