img

Mitos Networking yang Sering Hambat Kamu Untuk Berkembang

BNI Hi-Movers, salah satu mitos saat networking yang paling terkenal adalah kegiatan tersebut harus dilakukan di ranah profesional saja. Namun, networking juga dilakukan di lingkungan sosial yang informal dan dimulai dari suatu kesamaan. Menurut Bond University, punya networking yang kuat bisa membantumu dalam, menambah kemampuan, berpikir out of the box, hingga tahu tips menegosiasikan kenaikan gaji. Makanya, agar kamu mitos-mitos networking tidak membatasimu, ini mitos networking yang harus dipatahkan.

1. Networking dilakukan tanpa strategi

Salah satu mitos yang sering terdengar adalah networking merupakan suatu bakat. Jadi, kalau selama ini tidak berhasil melakukan networking, kamu dianggap tidak berbakat. Padahal, menurut Investopedia, networking adalah suatu skill yang bisa diasah dengan banyak berlatih. Kalau sejak pandemi kamu masih membatasi pertemuan tatap muka dengan orang baru, kamu bisa lakukan networking online untuk mengembangkan karier.

2. Introvert tidak jago networking

Kalau kamu mengira networking hanya dilakukan saat job fair atau konferensi, hal tersebut tidaklah tepat. Nyatanya, networking juga bisa dilakukan secara personal yang tidak terlalu mengintimidasi. Jenis networking ini sangat cocok dilakukan oleh seorang introvert. Kamu bisa menghubungi seseorang lewat email atau kontak yang tertera di kartu nama untuk memulai pembicaraan.

3. Networking harus dilakukan secara tatap muka

Interaksi secara langsung, mungkin memiliki kesan yang lebih membekas jika dibandingkan dengan networking tertulis maupun online. Namun, dengan perkembangan zaman, networking juga bisa dilakukan melalui email, telepon, LinkedIn, bahkan media sosial lainnya.

4. Networking hanya dilakukan untuk dapat pekerjaan

Networking tidak selalu dilakukan dengan C-levels dari sebuah perusahaan, atau salah satu staf HR-nya. Terlepas dari jabatannya, menurut Forbes, networking dengan individu dengan profesi atau minat yang sama, dapat membantumu asah soft skill dan hard skill. Hal ini tentu menguntungkan karena kamu berkesempatan untuk lebih menonjol dari kandidat lainnya.

Nah BNI Hi-Movers, itulah beberapa mitos networking yang selama ini membatasi pergerakan kamu untuk membangun koneksi. Padahal, networking bisa membantu kamu dalam perkembangan karier yang sesuai dengan keinginan kamu, lho. Happy Monday, BNI Hi-Movers!

SHARE: