img

Cara Meningkatkan Kreativitas Saat di Kantor

BNI Hi-Movers, apakah kamu seringkali merasa kreativitas menurun saat bekerja? Hal ini memang wajar terjadi ketika kita merasa stress atau terlalu merasa lelah terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Jangan merasa down atau menyerah dahulu ya. Yuk, simak beberapa cara meningkatkan kreativitas yang dapat kamu aplikasikan di kantor.

1. Selalu ingin tahu

Tahukah kamu jika sikap ‘kepo’ alias ingin selalu tahu ini ternyata dapat meningkatkan kreativitas, lho! Sikap ini akan menstimulasi kerja otak untuk selalu berimajinasi dan bekerja mencari hal-hal baru yang menarik. Dengan stimulasi yang diberikan, otak akan fokus untuk mengeksplorasi sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga kamu tidak hanya kreatif, tapi juga dapat meningkatkan problem solving skill.

Gunakan ke-kepo-an kamu untuk mengeksplor alasan-alasan mengapa suatu hal bisa terjadi, bagaimana mereka bekerja, dan juga sebab-akibat yang ditimbulkan. Jangan sungkan juga untuk bertanya dan buang jauh-jauh stigma ‘lemot’ jika kamu banyak pertanyaan, karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang kamu lontarkan, semakin banyak juga jawaban-jawaban yang akan membentuk sudut pandang baru. So, banyak sumber yang dapat meningkatkan kreativitas asal kamu selalu ingin tahu.

2. Jangan takut gagal

Mengerjakan sesuatu tanpa ingin mencoba dengan alasan ‘aman’ ternyata tidak berdampak baik dengan kreativitas mu. Mengulang pekerjaan yang bersifat templates secara tidak langsung kamu menyuruh otak untuk bekerja dengan pola yang sama dan akhirnya membuat otak malas berpikir dan mengeksplorasi hal baru.

Jadi, jangan takut untuk mencoba hal baru dan buang semua ketakutan untuk gagal karena gagal adalah sebuah pelajaran yang berharga. Tanpa kegagalan kamu tidak akan pernah belajar dari pengalaman yang akhirnya kamu akan ‘jalan di tempat’.

3. Membangun emosi positif

Setiap orang memiliki emosi di dalam dirinya dan emosi tidak harus melulu soal kemarahan yang berapi-api. Bentuk emosi positif di sini maksudnya adalah rasa syukur, kasih sayang, suka cita, dan inspirasi. Emosi positif inilah yang dapat membangun kapasitas kita untuk melihat segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan juga meningkatkan kreativitas kita dalam berpikir.

Emosi positif ini dapat dibangun dari hubunganmu bersama teman-teman, menyebarkan kebaikan dan pastinya bergaul dengan lingkungan yang positif dan suportif. Lakukan hal-hal yang membuat diri kamu enjoy misalnya sesederhana memperbaiki ‘following’ mu di Instagram ke akun-akun yang menginspirasi sesuai dengan referensi dan passionmu. Kalau kamu enjoy, otakmu juga lebih kreatif untuk berpikir.

Dari beberapa cara yang dapat meningkatkan kreativitas, mana sajakah yang sudah pernah BNI Hi-Movers coba? Atau kamu memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kreativitas? Apapun cara yang kamu coba, semoga kamu selalu bisa meningkatkan kreativitasmu, ya.

SHARE: