img

BNI Perkuat Komitmen Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan melalui Berbagai Program

BNI Hi-Movers, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui berbagai program dan layanan inovatif yang menjangkau berbagai kalangan masyarakat, termasuk di daerah terpencil, UMKM, dan kelompok lainnya.

“BNI berkomitmen untuk memperkuat peran dalam inklusi keuangan melalui berbagai program dan layanan inovatif. Kami terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan akses keuangan dan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar SEVP Digital Business BNI Rian Eriana Kaslan dalam Indonesia Data and Economic (IDE) Katadata 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Rian menjelaskan ada beberapa inisiatif yang telah dilakukan BNI untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, BNI membantu UMKM dengan menyediakan kemudahan pembayaran digital melalui QRIS dan membuka peluang ekspor melalui program Xpora.

Kedua, BNI memberikan edukasi menyeluruh kepada nasabah, bertindak sebagai financial advisor dengan menyediakan layanan perencanaan keuangan, produk yang sesuai, pengelolaan, analisis, dan edukasi. Layanan ini tersedia melalui Dedicated RM, Investment Advisory, Cross Border Services, dan Premium Outlet.

Ketiga, BNI meningkatkan inklusi dan literasi keuangan melalui peran Agen46, yaitu agen laku pandai yang dapat membantu nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan seperti setor tunai, tarik tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, dan lainnya.

BNI juga terus menyiapkan langkah-langkah kolaboratif untuk meningkatkan inovasi produk dan layanan keuangan, memperkuat infrastruktur dan keamanan transaksi digital, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan digital.

Ke depan, BNI akan fokus meningkatkan kenyamanan dan praktik pasar yang sehat salah satunya dengan mengimplementasikan layanan SNAP API, standarisasi Open API dari Bank Indonesia. BNI juga terus berinovasi untuk menciptakan fitur-fitur digital sesuai perkembangan ekosistem digital, menjangkau audience yang lebih luas, dan memberikan experience baru bagi nasabah BNI saat melakukan transaksi di platform favorit.

Upaya BNI dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan memperoleh layanan keuangan yang setara

SHARE: