img

Indonesia Incorporated Day: BNI Komitmen Terus Dorong Potensi Diaspora

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI secara konsisten memberikan dukungan kepada para diaspora Indonesia. BNI secara aktif melakukan eksplorasi kebutuhan serta melakukan pendampingan dan penyediaan fasilitas bagi para diaspora agar memiliki daya saing yang tinggi di luar negeri.

Kali ini BNI bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengadakan kegiatan yaitu ‘Indonesia Incorporated Day: Kolaborasi Menuju BUMN Go Global’ berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, BUMN terkait, Perwakilan RI di luar negeri serta pihak swasta. Acara yang digelar di Bali ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan kerja sama demi mendukung implementasi Indonesia Incorporated dan mendorong BUMN Go Global.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Kemlu, Duta Besar Indonesia dan Konjen RI seluruh dunia, jajaran KBUMN serta direksi perusahaan BUMN. Indonesia Incorporated Day juga turut membahas berbagai potensi diaspora Indonesia di seluruh dunia sebagai bagian dari upaya Diplomasi Ekonomi Indonesia yang bertujuan mengembangkan sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi, peningkatan akses pasar, ketahanan ekonomi, dan infrastruktur diplomasi.

Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir mengatakan sebagai bagian dari mandat BUMN Go Global, BNI berperan sebagai pemain kunci dalam upaya bersama untuk memajukan Indonesia sebagai pusat bisnis global.

Melalui jaringan Kantor Luar Negeri (KLN) yang mencakup Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, New York, London, dan Amsterdam, BNI menawarkan solusi perbankan diaspora yang komprehensif, termasuk Diaspora Saving, Diaspora Invest, Diaspora Loan, dan Xpora.

"Diaspora Indonesia memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan bisnis kita di pasar global. Melalui solusi perbankan diaspora, BNI berkomitmen untuk memudahkan para diaspora dalam berinvestasi dan menabung yang dapat diakses melalui BNI Mobile Banking, serta mendapatkan pembiayaan," ujar Silvano.

BNI juga ditunjuk sebagai lead pada acara Indonesia Incorporated di Hong Kong, bekerja sama dengan Bank Mandiri, BRI, Telkom Internasional, dan Garuda Indonesia. Bersama-sama, kelima perusahaan ini berkolaborasi untuk menjadikan Indonesia Incorporated sebagai Business Center dan penyedia Business Solution di luar negeri.

Dalam mendorong daya saing diaspora, BNI tidak hanya menyediakan produk dan layanan perbankan saja, tetapi juga memanfaatkan jaringan globalnya untuk membantu UMKM lokal merambah pasar global melalui program business matching dari Xpora.

“Langkah ini menandai komitmen BNI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui kolaborasi global dan memastikan bahwa diaspora Indonesia dapat memainkan peran kunci dalam membangun citra positif negara di mata dunia,” ujar Silvano.

SHARE: