img

Aplikasi BNI Smarter Hadir di Learning & Research Expo Bank Indonesia

Semangat Pagi BNI Hi-Movers, 

BNI University berpartisipasi dalam gelaran Learning & Research Expo 2023: ‘Knowledge Kaleidoscope: Where Learning Never Ends’ yang digelar oleh Bank Indonesia pada 11-15 Desember 2023. Gelaran tahunan yang diadakan selama lima hari berturut-turut di Millenial Function Hall Bank Indonesia, Grha Bhasvara Icchana ini menjadi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan budaya pembelajaran atau continuous learning perusahaan.

Tampil dengan Aplikasi BNI Smarter, BNI University mengusung tema ‘Empowering Lifelong Learning with BNI Smarter App’. Aplikasi BNI Smarter sendiri merupakan aplikasi kembangan BNI yang menawarkan platform pembelajaran dan pengembangan diri. Melalui aplikasi ini, Hi-Movers dapat mengakses berbagai jenis materi pelatihan, kursus, dan konten pendidikan yang relevan dengan kebutuhan. Harapannya, Aplikasi BNI Smarter bisa memberikan tiga jenis output berkaitan dengan kemajuan BNI dan kapabilitas BNI Hi-Movers ke depan.

Pertama adalah Make a Big Impact, di mana Aplikasi BNI Smarter dianggap mampu menghasilkan perubahan besar atau dampak yang signifikan dalam mendukung BNI Go Global. Aplikasi BNI Smarter memberikan kesempatan kepada pegawai untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi mereka secara substansial. Kedua adalah Learner as The Center Of Learning, bahwa setiap pegawai BNI dapat belajar kapan saja, di mana saja, didukung teknologi digitalisasi yang memudahkan akses belajar tanpa harus datang ke pusat pembelajaran. Lebih dari itu, ketiga, Career and Succession yaitu diharapkan dengan menggunakan Aplikasi BNI Smarter, Hi-Movers dapat meningkatkan kompetensi mereka yang dapat berdampak langsung pada kemajuan karier dan tentu saja mendukung pengambilan keputusan dalam pekerjaan sehari-hari.

Deputi Direktur BI Institute Guruh Suryani R. mengakui bahwa Kehadiran BNI University dengan fitur unggulannya, Aplikasi BNI Smarter ikut mewarnai proses pembelajaran sesuai tema Learning & Research Expo Bank Indonesia, terlebih mampu memberikan pengalaman serta wawasan baru bagi pengunjung expo. Menurutnya, Aplikasi BNI Smarter merupakan sebuah transformasi signifikan dalam pengembangan ekosistem digital learning.

“Terlebih dahulu, Bank Indonesia ingin menyampaikan apresiasi tertinggi atas keikutsertaan BNI University dalam event ini. Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia dan bagian dari HIMBARA, peran BNI dalam pengembangan industri keuangan di tanah air pastinya sangat signifikan. Kami dari Bank Indonesia melihat dan mengapresiasi BNI University sebagai mitra yang progresif dan inovatif. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mencapai keberhasilan bersama dalam menghadapi dinamika perubahan industri keuangan di masa depan,” imbuh Guruh.

Ke depannya, lanjut Guruh, tentu dapat dikembangkan inisiatif kolaboratif antara BNI dan Bank Indonesia; dengan bersama-sama berinvestasi dalam pembelajaran dan riset. Misalnya melalui kegiatan benchmarking, pertukaran narasumber yang expert di kelas-kelas pembelajaran, sharing di forum, dan lainnya. “Kita bersama satu tujuan positif, yaitu mengembangkan digital learning ecosystem yang mumpuni dan kontributif bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia unggul di era digital,” tandasnya.

Dalam penyelenggaraannya, Learning & Research Expo Bank Indonesia juga menyajikan kegiatan workshop dan talkshow yang ditampilkan pada panggung utama setiap harinya dengan topik yang bervariasi. Di samping ragam booth yang terdiri dari booth learning, metaverse, riset, sejarah Bank lndonesia, mitra perguruan tinggi, kerajinan, hingga food and beverages. Melibatkan 30 tenant baik dari internal maupun eksternal, expo ini menargetkan 250-300 pengunjung per hari seperti pegawai Bank lndonesia maupun mitra strategis Bank lndonesia; seperti corporate university, perguruan tinggi, peserta dan alumni Kampus Merdeka.

Berbagai kegiatan aktivasi learning yang diselenggarakan selain dapat mengakselerasi budaya pembelajaran, juga melalui experience yang menarik dan impactful yang dapat memperkuat knowledge dan skill sesuai tema talkshow dan workshop yang diadakan. Dengan hadirnya sekolah-sekolah terbaik dan tokoh alumninya di expo diharapkan, pegawai Bank Indonesia bisa termotivasi dan semangat melanjutkan pendidikan program pascasarjana ke sekolah S2 dan S3 terbaik di dunia.

Bincang Bareng CorpU

Keterlibatan BNI University pada gelaran ini tentu tak terbatas pada booth exhibition semata. BNI University turut menjadi bagian memberikan sharing views berbentuk talkshow ‘Bincang Bareng CorpU’ (BBC) dan menghadirkan Department Head of Banking Academy BNI University Herry Juhaeri sebagai pembicara. Pemaparan Herry dalam BBC mengusung tema ‘BNI University: Crafting a Future of Digital Learning’ dengan paparan seputar Learning and Development Strategy Framework, Integrated Digitalized Employee Development Platform, dan Corporate Synergy and Collaboration.

Learning and Development Strategy BNI University diwujudkan dalam framework yang dijalankan dengan empat pilar utama yaitu learning value chain, leadership development, knowledge management, dan learning system infrastructure.

Herry memaparkan, BNI University telah melakukan transformation agile learning culture dengan mengubah Learning Paradigm dan melakukan improvement dalam menciptakan tools dan methods. Tujuannya agar SDM mampu terus beradaptasi dengan perubahan bisnis dan persaingan. Konsep dan metodenya yaitu pertama melalui Individual Development Plan, di mana pegawai BNI bersama atasan langsung, menyepakati rencana pembelajaran yang selaras antara kebutuhan perusahaan dan gap kompetensi individu. Kedua bahwa Hi-Movers bisa melakukan pembelajaran dimanapun, kapanpun, dan dengan berbagai cara; melalui perangkat yang bervariasi. Ketiga yaitu bahwa Hi-Movers memiliki peran ganda, di satu waktu sebagai pembelajar/mentee/coachee dan di lain kesempatan sebagai pengajar/mentor/coach. Keempat yaitu dengan Program 46 Jam Learning and Sharing tiap tahun yang ditetapkan perusahaan dalam rangka membangun learning culture.

Learner memiliki gap kompetensi, preferensi, cara belajar, dan kecepatan dalam memahami pembelajaran yang berbeda-beda. Namun, pemenuhan kebutuhan pembelajaran yang berbeda-beda tersebut terus difasilitasi oleh BNI University melalui anggaran, fasilitas, dan platform pembelajaran,” jelas Herry.

Sebagai bentuk implementasi Learning Paradigm, BNI University menyediakan ragam fitur pembelajaran, sebut saja seperti Daily Exercise Employee Program (DEEP 46); BNI Expert Locator (BEL)  yang berisi daftar BNI Expert sesuai dengan expertise masing-masing fasilitator, dalam aplikasi ini pula, pegawai dapat melakukan interaksi dengan Expert melalui fitur chat; BNI More UnLeash (Monitoring Realisasi Unggahan Learning & Sharing) untuk mencatatkan jam learning and sharing individu pegawai yang menjadi pendukung Program 46 Jam Learning and Sharing tiap tahun; Individual Development Plan (IDP); BNI Learning Wallet (BLW) yang mengalokasikan anggaran pembelajaran; Learning Game; dan Webinar Suplemen Pengetahuan BNI University.

“Khusus untuk webinar, pembelajaran disiarkan melalui kanal Youtube BNI University. Materi yang dibawakan disesuaikan dengan kebutuhan target learner, kebijakan strategis perusahaan, atau pengetahuan ter-update terkait kondisi lingkungan bisnis lainnya. BNI University menunjuk fasilitator-fasilitator yang expert di bidangnya, baik yang berasal dari internal pegawai BNI maupun pihak eksternal. Dari setiap pembelajaran, pegawai kemudian akan mendapatkan learning point dan learning hours,” tandas Herry.

Selain senantiasa mengembangkan metode dan ragam pembelajaran, BNI University juga melakukan kolaborasi berupa Program Internship bertajuk Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) yang sebelumnya dikenal dengan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dan  Magang Individu / Permohonan Pribadi. Program Internship ini diadakan sebagai bentuk kepedulian BNI dalam meningkatkan pendidikan bagi non-pegawai. Lebih dari itu, kolaborasi lain yang dilakukan berupa Digital Talent Internship dengan melakukan IT Bootcamp Internship dan Metaverse Internship.

SHARE: