img

Keren! Jajan di Vietnam Kini Bisa Pakai QRIS

BNI Hi-Movers, Kabar gembira buat kita semua. Sebentar lagi, masyarakat Indonesia yang mau jalan-jalan ke Vietnam tak perlu bingung lagi kalau belanja, bayarnya cukup pakai QRIS.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standar kode QR nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia. QRIS dapat digunakan untuk semua smartphone dengan pemindai kode QR. Cukup scan lewat handphone, pembayaran selesai.

Rencananya, pembayaran menggunakan QRIS ini akan bisa dipakai di Vietnam setelah penandatanganan kerja sama konektivitas sistem pembayaran nasional atau regional payment connectivity selesai dilakukan pada 25 Agustus 2023.

Vietnam menjadi salah satu negara di ASEAN yang akan ikut bersama Indonesia memperkuat kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tertuang dalam kesepakatan Regional Payment Connectivity (RPC) di ASEAN.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menyambut baik kerja sama tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, QRIS BNI bisa menjadi pilihan untuk mempermudah masyarakat Indonesia bertransaksi di luar negeri.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, kehadiran layanan QRIS BNI menawarkan kenyamanan tinggi dalam bertransaksi. Layanan ini memungkinkan nasabah BNI untuk menyelesaikan pembayaran dengan praktis, cukup dengan melakukan pemindaian kode QR.

“Nasabah BNI bisa memperoleh banyak kemudahan berkat layanan pembayaran yang canggih ini,” ujarnya.

Okki menyebutkan, berkaitan dengan fasilitas QRIS BNI, ada tiga jenis layanan yang bisa digunakan, pertama QRIS Statis, model QRIS ini sederhana, berlaku untuk semua jenis transaksi. Merchant pun tinggal menyediakan stiker QRIS statis yang nantinya bisa dipindai oleh konsumen. Kedua, QRIS dinamis melalui Electronic Data Capture (EDC), yang dalam pemakaiannya memerlukan mesin EDC untuk memasukkan nominal pembayaran. Ketiga, QRIS dinamis menggunakan Application Programming Interface (API). Model QRIS dinamis ini menggunakan API sehingga bisa diintegrasikan dalam sebuah aplikasi.

“Kini masyarakat Indonesia semakin dipermudah dengan hadirnya layanan QRIS, tak hanya untuk transaksi di dalam negeri, namun kini sudah mulai bisa digunakan di luar negeri,” kata Okki.

BNI Hi-Movers, buat kalian yang berencana pergi ke Vietnam tidak perlu khawatir jika tidak membawa uang cash, karena QRIS sudah bisa di gunakan untuk mempermudah transaksi kalian.

SHARE: