img

Dorong UMKM Go Global, BNI Dianugerahi Penghargaan oleh Asia Council for Small Business (ACSB)

BNI Hi-Movers,

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) kembali diganjar penghargaan. BNI dinilai berkontribusi besar terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Oleh karenanya, BNI layak mendapatkan ACSB Presidential Award 2022.

Asia Council for Small Business (ACSB) adalah organisasi non-profit global yang fokus pada pemberdayaan sektor UMKM. Indonesia sendiri mulai aktif sebagai bagian dari organisasi tersebut melalui Indonesia Council for Small Business sejak tahun 2015 di bawah Inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM bersama Bapak Chairman MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya, dan kini berubah nama menjadi ACSB Indonesia.

Dalam berbagai aktivitasnya, ACSB Indonesia berusaha untuk merangkul 4 pilar pendukung UKM yang antara lain terdiri dari pemerintah (government), peneliti (researcher), pembina (academician), serta pebisnis (business practitioner). Salah satu agenda yang mempertemukan keempat pilar tersebut adalah Galang UKM Indonesia (GUKMI).

Dalam setiap penyelenggaraan Galang UKM Indonesia (GUKMI), ACSB Indonesia memberikan ACSB Presidential Award sebagai apresiasi terhadap institusi yang memiliki kontribusi luar biasa terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di tanah air.

BNI sebagai salah satu penerima penghargaan tersebut dinilai memberikan kontribusi besar terhadap UMKM di Indonesia dan terus mendorong pelaku UMKM untuk berkembang hingga go international. Perwujudan tersebut dilakukan melalui berbagai program UMKM yang dilakukan BNI di antaranya Xpora yang merupakan one stop shopping solution untuk pelaku usaha UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global. Selain itu, BNI juga menciptakan BNI Direct yang merupakan salah satu fasilitas perbankan yang ditujukan bagi perusahaan. Di sisi lain, BNI Mobile Banking diciptakan untuk melayani nasabah ritel yang bisa diakses langsung melalui telepon seluler secara 24 jam.

Sementara itu, GM Divisi Bisnis Small Medium Entreprise (SME) BNI Bapak Khairul Salam mengungkapkan, BNI sebagai salah satu bank BUMN yang ditugasi untuk membina & mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga mampu melebarkan bisnisnya secara global.

Untuk itu BNI telah menyiapkan Xpora sebagai One Stop Solution untuk mendorong UMKM Indonesia Go Productive, Go Digital & Go Global. Xpora merupakan salah satu ekosistem UMKM yang mempertemukan penjual, pembeli (termasuk Diaspora kita yang ada diluar negeri) berikut enabler ekspor.

Berikut penerima penghargaan ACSB Indonesia Presidential Award 2022:
1. Bank Indonesia (BI)
2. Perpusatakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)
3. PT Pegadaian
4. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)
5. PT Permodalan Nasional Madani (PNM)
6. Universitas Jenderal Soedirman
7. Universitas Terbuka
8. Duta Petani Milenial/Andalan
9. Podomoro University Center for Entrepreneurial Leadership

So, suatu kebanggaan kan bagi BNI Hi-Movers yang sudah turut mendukung UMKM di Indonesia hingga dapat melebarkan usahanya di kancah internasional.

SHARE: