img

BNI Bekerjasama dengan Cloudera untuk Mempercepat Transformasi melalui Implementasi Generative AI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melangkah maju dalam memperkuat komitmennya terhadap transformasi digital dengan menjalin kemitraan strategis bersama Cloudera, perusahaan terdepan di bidang data. Kemitraan ini menandai langkah penting bagi BNI dalam memanfaatkan kekuatan data dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan perbankan melalui pengalaman nasabah yang lebih baik dan peningkatan efisiensi operasional.

Kemitraan ini juga mengantarkan BNI menjadi salah satu pelanggan pertama di dunia yang menggunakan layanan AI Inference terbaru dari Cloudera, sebuah solusi inovatif yang diperkuat oleh neural inferencing modul Nvidia (Nvidia NIM). Langkah strategis ini menempatkan BNI di garis depan dalam memanfaatkan kekuatan mutakhir AI Inference Cloudera. Layanan ini memungkinkan BNI untuk menjalankan model AI dengan performa yang jauh lebih unggul, menghasilkan wawasan yang lebih cepat dan akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Layanan AI Inference Cloudera menawarkan kinerja inferensi terdepan di pasar untuk model kepemilikan dan model sumber terbuka yang dioptimalkan. Fitur utama termasuk antarmuka yang mudah digunakan, prediksi latensi rendah waktu nyata, hingga 36x lebih cepat inferensi model AI pada GPU NVIDIA, dan pola penerapan yang canggih. Rilis penuh diharapkan pada bulan Agustus 2024.

Perwakilan dari BNI baru-baru ini mengunjungi Cloudera’s and NVIDIA’s Respective Executive Briefing Centers di Santa Clara, California, Amerika Serikat. BNI bertemu dengan eksekutif Cloudera dan NVIDIA dalam pertukaran kolaboratif mengenai strategi dan perencanaan untuk memetakan perjalanan GenAI BNI. Topik utama yang dibahas termasuk usecase layanan AI Inference terbaru Cloudera yang didukung oleh NVIDIA NIM, yang saat ini dalam pratinjau teknologi dan pendekatan terbaik serta teknologi inovatif Cloudera dan NVIDIA untuk mendukung salah satu Bank milik negara terbesar di Indonesia dalam mencapai tujuan transformasinya.

Dalam jangka pendek, penerapan AI generatif ini diharapkan akan semakin meningkatkan produktivitas kantor regional dan komersial BNI, serta mendorong mekanisme kredit dan platform transaksi perbankan untuk memberikan pengalaman nasabah secara lebih personal.

Penerapan solusi terbaru ini dilakukan pada solusi Cloudera yang sudah ada di BNI sehingga memungkinkan BNI meningkatkan skala operasional GenAI dengan cepat. Dengan cara ini, BNI pun akan mempercepat transformasi bisnisnya, misalnya dengan menyajikan co-pilot berbasis pengetahuan bagi para karyawannya, dan layanan pelanggan yang lebih personal. Dengan ketersediaan infrastruktur dan proses pemeliharaan yang dibutuhkan, Tim Data Science BNI dapat menerapkan model AI dengan cepat, aman, dan hemat biaya.

SHARE: