img

BNI Bagikan Tips Aman Bertransaksi Digital di Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

ibur Lebaran telah tiba dan dengan kehadiran momen yang dinanti-nantikan tersebut, masyarakat Indonesia bersiap untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Bagi sebagian besar, mengunjungi tempat wisata menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu bersama.

Namun, dalam era digital saat ini, transaksi pembayaran di tempat-tempat wisata juga semakin mengadopsi kemajuan teknologi. Banyak tempat wisata telah memperkenalkan sistem pembayaran non-tunai seperti QRIS, Kartu Debit/Kredit, dan sarana transaksi digital lainnya.

Dalam menghadapi fenomena ini, keamanan transaksi digital menjadi aspek yang tak boleh diabaikan. Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Okki Rushartomo menekankan pentingnya kesadaran akan keamanan transaksi digital, khususnya saat mengunjungi destinasi wisata Lebaran.

"Keamanan transaksi digital harus menjadi prioritas utama, terutama saat berada di tempat-tempat wisata yang ramai," ungkap Okki.

Okki pun menyampaikan beberapa tips aman bertransaksi digital yang disarankan saat mengunjungi destinasi wisata Lebaran sebagai panduan.

Pertama, gunakan jaringan internet yang aman, hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik untuk transaksi digital, lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi (mobile data) atau VPN (Virtual Private Network) untuk mengurangi risiko peretasan.

Selanjutnya, aktifkan fitur keamanan pada perangkat, pastikan untuk menggunakan password yang kuat dan berbeda untuk setiap akun yang digunakan, aktifkan juga fitur keamanan seperti two-factor authentication (2FA) untuk meningkatkan keamanan akun.

Nasabah juga diminta untuk memeriksa kembali detail transaksi sebelum melakukan pembayaran, pastikan jumlah yang harus dibayarkan dan penerima pembayaran sebelum melakukan transaksi.

Simpan bukti transaksi seperti struk atau email konfirmasi untuk keperluan dokumentasi dan bukti jika terjadi masalah. Laporkan jika terjadi transaksi yang mencurigakan kepada bank atau penyedia layanan pembayaran melalui jalur layanan pelanggan resmi.

Untuk memastikan transaksi aman, lanjut Okki, BNI Mobile Banking dapat digunakan untuk bertransaksi di tempat wiasata. BNI telah menerapkan berbagai sistem keamanan digital termasuk penambahan fitur keamanan login menggunakan biometric dan penggunaan password alphanumeric sebagai otorisasi transaksi.

Meski demikian, Okki tetap mengingatkan nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, mengaktifkan layanan notifikasi transaksi, selalu memperbarui versi terbaru BNI Mobile Banking, serta menghindari membagikan informasi pribadi di media sosial.

"Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan masyarakat dapat bertransaksi digital dengan aman dan nyaman selama berlibur di destinasi wisata Lebaran," tambah Okki. (*)

SHARE: