img

Simak Fakta Menarik Tentang Hari Anak Sedunia

Hari Anak Sedunia atau World Children's Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 November. Kali ini, peringatan Hari Anak Sedunia jatuh pada Minggu (20/11/2022). Peringatan tersebut menjadi momentum untuk menyuarakan isu-isu penting bagi anak-anak dan remaja.

Lantas, ada fakta menarik apa aja sih di balik Hari Anak Sedunia?

Berikut faktanya:
1. Peringatan Hari Anak Sedunia mulai diresmikan pada tahun 1954. Peringatan tersebut menjadi momentum untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran pada anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

2. Dilansir dari laman resmi United Nations, Deklarasi Hak Anak disahkan oleh Majelis Umum PBB pada 20 November 1959. Pada tanggal yang sama tahun 1989, Majelis Umum PBB juga mulai mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak 1990, Hari Anak Sedunia menandai peringatan tanggal penting saat Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak. Berangkat dari sanalah, tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia.

3. Dilansir dari detikNews, tema Hari Anak Sedunia 2022 mengusung tema "Inclusion, for every child". Tema ini bermaksud untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia ikut serta dalam peringatan Hari Anak yang diselenggarakan oleh United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF).

UNICEF atau Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah organisasi yang dibawahi oleh PBB. Organisasi ini bertugas untuk pemenuhan dan perlindungan terhadap hak anak-anak dan para remaja di seluruh dunia.

4. Terkait Hari Anak Sedunia, UNICEF sebagai organisasi dunia bekerja untuk pemenuhan hak anak-anak di seluruh dunia fokus pada beberapa hal, seperti:
- Setiap anak berhak tumbuh di lingkungan yang aman

- Setiap anak berhak untuk hidup dan berkembang

- Setiap anak berhak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang layak

- UNICEF berupaya mengurangi angka kemiskinan agar setiap anak mendapatkan kesempatan hidup yang sama

- UNICEF berupaya memberdayakan anak perempuan dan perempuan serta memastikan partisipasi penuh mereka dalam sistem politik, sosial, dan ekonomi

- UNICEF berada di lapangan pada sebelum, saat, dan sesudah keadaan darurat untuk menjangkau anak-anak dan keluarga dengan memberikan bantuan penyelamat hidup serta perlindungan jangka panjang.

Selamat Hari Anak Sedunia, BNI Hi-Movers!
Yuk berikan anak keteladanan agar tumbuh bersama kebaikan

SHARE: