img

Pelayanan Prima adalah Keharusan

Secara teori, dalam pelayanan prima terdapat konsep dasar yang tidak berubah sampai kapan pun walapun teknologi terus berkembang, dan bahkan manusia digantikan dengan robot untuk menjawab keluhan. Sejatinya pelayanan prima itu dimulai dari konsep dasar ini. Dalam dunia pelayanan biasanya disebut dengan istilah 3A (attitude, attention, dan action). Ketiga hal tersebut harus terus ada pada penerapan pelayanan prima di perusahaan.

Dalam menerapkan pelayanan prima, tentu tidak terlepas dari pandainya kita mendapatkan keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga apa yang sudah kita lakukan dapat membuahkan hasil maksimal. Merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan yang beragam adalah tantangan bagi para pelaku bisnis di industri jasa.

Pertanyaanya, bagaimana kita bisa menggali dan mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik melebihi ekspektasi pelanggan? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

# 1. Bertanya.

Cara ini lebih mudah dan cepat. Yakni dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada pelanggan yang datang ke tempat kita. Bertanya tentang keinginannya, kebutuhannya dan hal lain yang mereka inginkan. Di hotel misalnya, tamu bisa ditanyakan, hal lain yang kira-kira pelanggan butuhkan saat menginap di hotel tersebut.

#2. Wawancara.

Cara ini mungkin lebih detail dari sekadar bertanya, karena Anda harus menyiapkan pertanyaan dan waktu khusus, juga kesediaan pelanggan untuk sesi ini. Yang perlu Anda lakukan adalah kenyamanan saat bertemu dengan pelanggan. Anda bisa memulainya dengan mengajak mengobrol di tempat yang disediakan khusus dengan benefit lebih tentunya.

#3. Pengamatan langsung.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati langsung karakter dari pelanggan tersebut. Dari kebiasaan pelanggan memesan/membeli produk kita. Karenanya database di poin ini sangat berperan. Anda harus memperbaiki sistem database pelanggan Anda, sehingga dengan kecanggihan teknologi saat ini Anda dengan mudahnya mengamati setiap karakter pelanggan yang datang/membeli produk/jasa Anda.

#4.Investigasi.

Cara ini pun bisa ditempuh walaupun terlihat sangat ekstrim. Ingatlah untuk memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan Anda harus melakukan hal berbeda dengan kompetitor Anda. Lewat cara investigasi ini tentu informasi yang Anda dapatkan akan betul-betul akurat dan mendalam.

#5. Kuisioner/Review.

Hal ini sudah umum dilakukan oleh banyak perusahaan jasa. Namun tidak salahnya Anda melakukan hal yang sama. Kuisioner saat ini sudah tergantikan dengan review melalui aplikasi pihak ketiga. Anda hanya tinggal menyiapkan tim untuk menjawab dan merespon cepat setiap penilaian yang muncul di aplikasi pihak ketiga tersebut. Pelanggan saat ini memutuskan untuk menggunakan/membeli produk/jasa kita adalah dengan melihat review terlebih dahulu. Makin baik reviewnya maka sudah dipastikan pelanggan akan memilih produk/jasa Anda.

Masih banyak poin lainnya, Anda bisa menggalinya sendiri. Paling penting adalah bagaimana Anda bisa mencari tahu keinginan dan kebutuhan dari pelanggan Anda tersebut. Ungkapan yang sudah familiar dengan telinga kita, “Siapa yang memiliki informasi maka dia akan menguasai dunia”.

SHARE: