img

Mengenal Oosouji, Tradisi Bersih-bersih Menyambut Tahun Baru

Terdapat beragam cara untuk menyambut tahun baru di seluruh dunia. Di Jepang, tradisi Oosouji adalah salah satu cara untuk menyambut tahun baru dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Tradisi Oosouji dipercaya bisa membersihkan semua kesialan dan energi negatif yang menumpuk sepanjang tahun. 

Terlepas dari keyakinan di balik praktik ini, Oosouji punya manfaat secara umum. Dengan mempraktikkannya, rumah akan terlihat rapi dan bersih sehingga penghuni pun lebih semangat menyonsong tahun baru. Lantas bagaimana cara mempraktikkan Oosouji? Yuk simak artikel ini!

1. Keluarkan Barang yang Tak Terpakai
Ambillah waktu untuk meninjau setiap ruangan dan identifikasi barang-barang yang tidak lagi kamu butuhkan.

2. Sistematis dalam Membersihkan
Tentukan urutan pembersihan, misalnya mulai dari area tertentu dan lanjutkan dengan bagian-bagian lainnya. Fokuslah pada satu ruangan agar tidak ada sudut yang terlewatkan dan setiap bagian rumah mendapat perhatian penuh.

3. Pisahkan Barang-barang
Saat kamu membersihkan, pisahkan barang-barang menjadi tiga kategori, yakni barang yang ingin kamu pertahankan, yang dapat didaur ulang atau disumbangkan, dan yang perlu dibuang. 

4. Bersihkan Noda dan Singkirkan yang Tidak Berfungsi
Selain membersihkan debu dan kotoran, fokuslah pada noda-noda yang mungkin ada di dinding, lantai, atau furnitur. Selain itu, singkirkan barang-barang yang sudah tidak berfungsi atau rusak. 

Oosouji bukan sekadar pembersihan fisik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menyongsong lembaran baru dengan semangat positif. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan sehat BNI Hi-Movers! 

SHARE: