img

Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil Dari Kasus Johnny Depp dan Amber Heard

BNI Hi-Movers, setelah enam minggu lamanya berlangsung, para juri dalam pengadilan memutuskan Johnny Depp menangkan persidangan atas kasus pencemaran nama baik melawan mantan istrinya, Amber Heard. Putusan ini dibuat oleh para juri pada Rabu, 1 Juni 2022 waktu setempat.

Dari keputusan tersebut, juri pengadilan memberi putusan kepada Amber Heard untuk membayar ganti rugi sebesar US$15 juta kepada Johnny Depp. Hal dikarenakan juri menilai Heard telah melakukan perbuatan pencemaran nama baik terhadap suaminya tersebut.

Selain itu, juri juga memutuskan Depp untuk memberi ganti rugi senilai US$2 juta kepada Heard atas nama pencemaran nama baik yang juga dilakukannya. Sepanjang perjalanan kasus Johnny Depp berlangsung, ternyata ada beberapa fakta yang bisa diambil sebagai perjalanan hidup, lho. Kira-kira apa saja perjalanan hidup yang bisa diambil dari kasus Johnny Depp?

1. Selesaikan trauma yang dialami

Johnny Depp dan Amber Heard diketahui pernah mengalami trauma masing-masing. Trauma yang dialaminya ini disebabkan oleh kekerasan fisik dan emosional, hingga kekerasan seksual. Melalui tulisannya di The Washington Post, Heard menceritakan bahwa, pada saat kuliah ia pernah dilecehkan secara seksual. Sementara itu, Depp tumbuh menyaksikan pernikahan orang tuanya yang abusive. Ia bahkan pernah menjadi korban kekerasan dari sang Mama.

Trauma yang dialami masa lalu harus segera diselesaikan dengan baik. Hal ini bukan tanpa alasan sebab trauma masa lalu bisa merusak stabilitas, bahkan dapat dibawa hingga masa mendatang. Trauma ini sebenarnya dapat diselesaikan dengan cara menyadari, mengubah pola pikir, hingga lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Tidak hanya itu saja, dukungan dari orang terdekat juga sangat diperlukan untuk mengatasi trauma yang dialami.

2. Jangan asal beri pernyataan

Juri dalam pengadilan telah memutuskan untuk memenangkan Johnny Depp dalam persidangan kasus pencemaran nama baik. Dengan demikian, Amber Heard terbukti telah melakukan pencemaran nama baik terhadap mantan suaminya tersebut.

Sebelumnya, Heard mengatakan bahwa dirinya merupakan penyintas kekerasan dalam rumah tangga saat bersama dengan Depp. Pernyataan ini ia tuliskan dalam artikel di The Washington Post. Walaupun tidak menyebut nama Depp secara jelas, tulisan Heard kala itu diasumsikan mengarah kepada sang aktor. Pernyataan inilah yang membuat Depp ikut didepak dari banyak proyek termasuk, 'Fantastic Beasts' dan 'Pirates of The Caribbean'. Kasus ini bisa menjadi pelajaran untuk tidak asal dalam memberikan pernyataan di depan umum. Bila dilihat, akibat dari pernyataan yang diberikan oleh Heard tidak main-main, lho.

3. Laki-laki dan perempuan bisa bersikap abusive terhadap pasangannya

Tidak hanya pada laki-laki saja, tanpa disadari perempuan ternyata juga bisa bersikap abusive. Sikap abusive ini ternyata pernah didapat oleh Johnny Depp saat masih kecil. Ia mengaku mendiang mamanya, Betty Sue Palmer, sering melakukan kekerasan fisik dan menghina. Depp bahkan bercerita bahwa sang Papa hanya bisa terdiam dan tidak mengambil tindakan apa pun. Camille Vasquez yang merupakan pengacara Depp menganggap bahwa Mama Depp dan Heard sama-sama memiliki sikap abusive.

Nah, BNI Hi-Movers. Itulah beberapa pelajaran hidup yang bisa diambil dari kasus Johnny Depp. Semoga saja, kasus yang dialami oleh Johnny Depp dapat menjadi pelajaran, ya. Karena siapapun bisa menjadi korban kekerasan dan juga bisa bertindak abusive. So, kita harus selalu waspada dimanapun berada.

SHARE: