img

Arkeolog Temukan 'Batman' Versi Suku Maya Kuno

Namun ternyata, jauh sebelum karakter Batman tercipta di tahun 1939, telah ada 'Batman' lain yang dipuja sebagai dewa loh! Sebelum tokoh superhero Batman diciptakan, suku Maya telah meyakini adanya dewa kelelawar tersebut.

BNI Hi-Movers, pada ribuan tahun yang lalu, suku Maya kuno menyembah dewa yang memiliki tubuh manusia, kepala kelelawar, bertelinga lancip, mirip seperti Batman loh. Dewa tersebut disebut sebagai Camazotz. Camazotz adalah dewa kelelawar dari budaya Maya yang dikaitkan dengan malam dan dunia bawah, serta kematian dan pengorbanan.

Camazotz atau Camazot adalah karakter yang relatif tak diketahui dari mitologi Maya BNI Hi-Movers. Camazotz Sang Dewa Maya kuno ini dianggap sebagai dewa kelelawar pembunuh. Representasi Camazotz dapat ditemukan di museum Copán, Honduras, meskipun deskripsi tentangnya dapat ditemukan dalam beberapa naskah kuno Maya juga.

Camazotz dijuluki sebagai penguasa misteri, kehidupan, dan kematian, berasal dari dua kata Maya kuno atau K'iche, yaitu 'kame', yang berarti "kematian", dan 'sotz', yang diterjemahkan sebagai "kelelawar". Penyembahan Camazotz dapat ditelusuri kembali ke sekitar 200 SM dan diyakini telah dimulai di Zapotec di Oaxaca, Meksiko, yang menyembah monster antropomorfik dengan tubuh seorang pria dan kepala kelelawar. Kelelawar dikaitkan dengan malam, kematian, dan pengorbanan.

Beberapa ahli percaya, suku maya kuno menciptakan mitos Camazotz berdasarkan D. draculae yang merupakan kelelawar terbesar dari jenisnya dengan lebar sayap hampir setengah meter. 

Dalam sebuah teks mitologi suku maya kuno, Popol Vuh mengatakan Camazotz dipercaya memiliki kepala kelelawar dan membunuh korbannya dengan menyerang leher mereka dan lalu memenggal kepala mereka.

Kelalawar yang dianggap sebagai setan dan monster merupakan hal yang cukup lumrah di Amerika Selatan dan Amerika Tengah loh. Di satu sisi, kelelawar dianggap sebagai makhluk yang berbahaya di banyak budaya. Mereka makhluk nokturnal sehingga berkaitan dengan malam hari yang kerap diasosiasikan dengan kematian.

Itulah penemuan suku Maya kuno yang mirip dengan ‘batman’ yang sering kita lihat. Bagaimana BNI Hi-Movers? Kamu berminat untuk melihatnya langsung?

SHARE: