img

Makna Dibalik Warna Merah dan Hijau Disetiap Dekorasi Natal

Sebentar lagi, umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan kegembiraan dan suka cita Natal. Perayaan Natal tak dapat terlepas dari berbagai dekorasi dan pernak-pernik seperti pohon Natal, kaus kaki, pita, hingga lampu hias. Sejauh mata memandang, dekorasi dan pernak-pernik tersebut sebagian besar menggunakan kombinasi warna merah dan hijau. Lantas kenapa ya Natal identik dengan warna hijau dan merah?

Menurut Spike Bucklow, seorang ilmuwan dari University of Cambridge’s Hamilton Kerr Institute, warna hijau dan merah yang identik dengan natal berasal dari orang Celtic kuno. Sejak berabad-abad lalu, orang-orang Celtic kuno memuja tanaman holly yang selalu berwarna hijau dan merah saat musim salju tiba.

Menurut orang-orang Celtic Kuno, kehadiran tanaman ini merupakan berkah karena lingkungan tetap indah saat musim dingin. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Celtic kuno memasang dekorasi rumah berwarna merah dan hijau setiap Natal. Kedua warna tersebut juga diharapkan bisa membawa perlindungan dan keberuntungan di tahun mendatang.

Penggunaan warna merah dan hijau pun berlanjut pada abad ke-14. Saat itu, banyak gereja-gereja yang menggunakan kombinasi dua warna ini di kain pembatas antara altar dengan umat. Sejak saat itu, warna merah dan hijau pun menjadi warna identik saat Natal tiba. Terbukti, warna merah dan hijau mendominasi berbagai hiasan dan pernak-pernik Natal, mulai dari pohon Natal, kaus kaki, hingga pita hampers. Ngomongin Natal, buat BNI Hi-Movers yang merayakan, sudah pasang hiasan apa saja nih di rumah?

SHARE: