img

Tips Pilih Lokasi Usaha Biar Makin Cuan

BNI Hi-Movers, pemilihan lokasi usaha adalah salah satu faktor kunci keberhasilan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, lokasi yang tepat dapat meningkatkan peluang sukses. 

Tidak hanya itu, bagi pemula dalam dunia UMKM yang masih merintis dan membangun usahanya, lokasi yang strategis memiliki potensi pasar besar, misalnya menarik lebih banyak pelanggan. Lantas, bagaimana cara memilih lokasi usaha yang sesuai bagi UMKM kamu? Yuk simak tips berikut!

1. Kenali Target Pasar
Hal yang paling penting ialah mengidentifikasi siapa target pasar kamu. Ketahui karakteristik demografis, preferensi, dan kebiasaan belanja calon pembeli. Hal ini akan membantu kamu menentukan lokasi yang sesuai dengan pelanggan potensial.

2. Dekat dengan Sumber Daya
Memilih lokasi yang berdekatan dengan sumber daya akan memberikan kemudahan dalam memperoleh bahan baku yang diperlukan untuk usaha, sehingga kamu tidak perlu meluangkan waktu yang lama untuk mencari pasokan bahan baku. Pada akhirnya, bisnis kamu akan lebih efisien dan efektif. 

3. Analisis Persaingan
Lakukan riset tentang pesaing di lokasi usaha yang kamu tuju pertimbangkan, misalnya jika persaingan bisnis serupa di lingkungan tersebut sudah tinggi, pertimbangkan apakah bisnis kamu memiliki keunggulan kompetitif yang bisa membuatnya tetap bersaing.

4. Aksesibilitas
Pastikan lokasi usaha kamu mudah diakses oleh pelanggan, misalnya dekat dengan jalan utama, tempat parkir yang memadai, dan ketersediaan transportasi umum.

5. Bergabung dengan BNI Xpora
BNI Xpora memberikan beragam fasilitas yang menguntungkan bagi pelaku UMKM, mulai dari tersedianya video dan kegiatan pembelajaran bisnis gratis, pilihan solusi pendanaan bagi pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis, hingga akses untuk menggunakan alat digital penunjang kegiatan usaha.

Pada akhirnya, pemilihan lokasi yang tepat adalah investasi dalam pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis kamu. Dengan pertimbangan yang matang, penelitian yang cermat, dan pemahaman yang mendalam tentang target pasar, peluang kesuksesan kamu dalam dunia UMKM akan makin berhasil, BNI Hi-Movers.

SHARE: