img

Do’s and Don'ts Bagi Para Traveller Agar Tidak Merusak Alam

BNI Hi-Movers, keindahan alam yang seakan melampaui daya tarik bidadari telah menjadikan destinasi ini sangat menarik bagi para wisatawan. Bagi kamu yang gemar menjelajah dunia, mungkin pernah mengunjungi Labuan Bajo beberapa kali.

Tidak heran, mengingat tempat ini menawarkan hiburan yang tak terbatas. Pantai, air terjun, jalur trekking, dan kehangatan serta budaya lokal yang luar biasa.  Sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, pasti kamu akan singgah sejenak di Labuan Bajo yang juga dikenal sebagai desa nelayan.

Meskipun tak terlalu besar, Labuan Bajo tetap menjadi destinasi yang ramai dikunjungi para wisatawan. Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan, lokasinya sangat strategis. Labuan Bajo secara geografis berdekatan dengan Pulau Kanawa dan Pulau Seraya, yang merupakan tempat diving dan snorkeling yang terkenal.  Berlibur adalah momen berharga, tetapi juga harus menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Jangan sampai penyesalan datang terlambat. Salah satu cara terbaik adalah dengan menjaga perilaku saat berlibur, BNI Hi-Movers. Ini bukan hanya berlaku di dalam negeri, tetapi juga saat kamu berada di negara lain. Perilaku kamu mencerminkan identitas bangsa. 

Hal ini mungkin terdengar sederhana, tetapi sangat penting. Berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat bepergian, terutama jika kamu ingin dianggap sebagai wisatawan yang berbudaya dan bertanggung jawab.

Do's:

1. Bawa tas kanvas atau daur ulang Gunakan tas kanvas atau tas daur ulang untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang merusak lingkungan.

2.Gunakan transportasi umum Saat bepergian, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi untuk mengurangi emisi karbon.

3. Bawa botol air sendiri Menggunakan botol air pribadi yang dapat diisi ulang adalah cara yang baik untuk menghindari pembuangan botol plastik.

4. Pilih hotel eco-friendly Pilih akomodasi yang peduli terhadap lingkungan, seperti hotel-hotel yang memiliki kebijakan ramah lingkungan.

Don'ts:

1. Jangan buang sampah sembarangan Selalu buang sampah pada tempatnya. Jangan merusak keindahan alam dengan membuang sampah sembarangan.

2. Jangan menganggu hewan liar Jangan mencoba mengganggu atau mendekati hewan liar. Biarkan mereka berada dalam habitat alaminya.

3. Jangan buang limbah cair sembarangan Hindari membuang limbah cair ke sungai atau laut. Gunakan fasilitas yang telah disediakan.

4. Jangan merokok di area larangan merokok Jika ada aturan larangan merokok di suatu tempat, patuhi aturan tersebut demi menjaga udara segar dan kebersihan area tersebut.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dalam  menjaga keindahan alam dan budaya setempat, BNI Hi-Movers!

SHARE: