img

Keutaman Bersedekah di Bulan Ramadan

BNI Hi-Movers, bulan suci ramadan ini telah disempurnakan Allah SWT dengan sederet keistimewaan dan juga keutamaan lho.

Pada tanggal 17 di bulan Ramadan merupakan hari diturunkannya Al-Quran. Peristiwa ini niscaya menjadi momen istimewa dan juga menjadi bukti nyata bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang mulia, Allah SWT pun menyisipkan kebaikan-kebaikan-Nya yang lain di bulan ini.

Oleh sebab itu, tak heran jika Nabi Muhammad SAW menjadi lebih dermawan di bulan ini. Pasalnya, ganjaran yang akan didapatkan dari menjalankan ibadah bulan Ramadan sekaligus bersedekah akan berkali-kali lipat dari yang dibayangkan.

Berikut keutamaan bersedekah di bulan Ramadan:
1. Menghapus dosa-dosa
Rasulullah SAW bersabda "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR Tirmidzi)

2. Dapat pahala berlipat-lipat
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

3. Harta menjadi berkah
Rasulullah Saw bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

4. Masuk surga lewat pintu khusus
“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

5. Terbebas dari siksa kubur
Rasulullah Saw bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

6. Hati jadi lapang dan bahagia
“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan oran yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

7. Mendapat naungan di hari akhir
Rasulullah Saw mengisahkan tentang tujuh jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir, hari yang tidak ada naungan lain selain dari Allah. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Keutamaan ini tidak hanya diberikan pada bulan ramadan saja, tetapi akan diberikan Allah SWT bagi yang bersedekah di bulan apa pun. Namun, coba BNI Hi-Movers bayangkan betapa luar biasanya yang akan kamu dapatkan jika keutamaan sedekah ini dilakukan di bulan Ramadan.

Nah BNI Hi-Movers bisa banget bersedekah pakai BNI Mobile Banking yang memiliki beragam fasilitas untuk memudahkan segala transaksi. Yuk, bersedekah sekarang dan dapatkan kebaikannya berlipat-lipat!

SHARE: