img

Yuk, Ketahui Manfaat Kepuasan Kerja untuk Karyawan dan Perusahaan

BNI Hi-Movers, untuk menentukan apakah kamu puas dengan pekerjaan yang kamu jalani sekarang, apakah pekerjaan tersebut tepat, atau mengapa hal tersebut penting untuk dilakukan, membutuhkan intuisi dan refleksi terhadap kondisi pribadi. Bagi sebagian orang, pekerjaan yang tepat mungkin harus memenuhi standar penghasilan tertentu. Bagi orang lain, pekerjaan yang tepat mungkin dengan memiliki tim yang mendukung. Yuk, simak lebih detail mengenai kepuasan kerja beserta faktor yang mempengaruhinya melalui artikel di bawah ini.

Kepuasan kerja adalah kondisi di mana seorang karyawan merasa termotivasi, bermakna, dan puas dengan pekerjaannya. Kepuasan kerja terjadi ketika seorang karyawan merasa bahwa mereka memiliki stabilitas pekerjaan, pertumbuhan karier, serta keseimbangan antara kehidupan personal dengan pekerjaan. Tanda-tanda seperti ini menyiratkan bahwa karyawan tersebut puas terhadap pekerjaannya karena sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

Karyawan yang merasa puas terhadap pekerjaannya menjadi aset penting karena mereka akan berusaha memberikan kembali kemampuan terbaiknya bagi perusahaan. Manfaat kepuasan kerja dapat dilihat melalui dua sudut pandang, yaitu sebagai berikut.

1. Bagi karyawan

Manfaat kepuasan kerja dari perspektif karyawan adalah mendapatkan remunerasi atau gaji yang sesuai, memiliki stabilitas pekerjaan, memiliki pertumbuhan karier yang menjanjikan, mendapatkan apresiasi atau pengakuan, dan selalu berpotensi mendapatkan berbagai peluang baru.

2. Bagi perusahaan

Kepuasan kerja yang dirasakan karyawan akan memacu mereka untuk memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan, membantu meminimalkan konflik atau gesekan, dan membantu perusahaan tumbuh. Pengusaha perlu memastikan deskripsi pekerjaan yang sesuai untuk menarik karyawan dan memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk belajar dan mengembangkan dirinya.

Selain hal tersebut, kepuasan kerja juga memberikan dampak positif seperti, peningkatan profit perusahaan, peningkatan efisiensi dan produktivitas karyawan, penurunan tingkat perputaran karyawan atau turnover rate, dan peningkatan loyalitas karyawan yang mengarah pada komitmen pekerjaan yang lebih besar.

Kepuasan kerja merupakan hubungan yang dibangun dari dua arah ya BNI Hi-Movers, karyawan perlu merasa puas dan perusahaan harus membantu karyawan menyadari potensi mereka. Selain memberikan gaji dan jaminan kesehatan yang memadai, masih banyak lagi yang dapat dilakukan perusahaan untuk memotivasi dan membimbing karyawan. Kelak perusahaan juga yang akan menuai keuntungan dari mengutamakan kepuasan kerja karyawan.

SHARE: