img

Yuk, Ketahui Perbedaan Gelato dan Es Krim

BNI Hi-Movers, gelato dan es krim mungkin jika dilihat sekilas akan terlihat sama saja. Meski demikian, antara es krim dan gelato sebenarnya memiliki sejumlah perbedaan. Gelato dan es krim terdiri dari bahan utama yang sama, yakni susu, gula, dan udara. Udara pada es krim maupun gelato, terbentuk saat proses pengadukan sebelum campuran bahan dibekukan. Walaupun demikian terdapat sejumlah perbedaan antara es krim dan gelato. Lantas sebenarnya apa perbedaan gelato dan es krim?

1. Kandungan udara

Overrun adalah ukuran berapa banyak udara yang ditambahkan pada es krim maupun gelato saat produksi. Gelato memiliki overrun lebih rendah dibanding es krim. Dengan kata lain udara pada es krim lebih tinggi dibandingkan gelato. Hal ini terjadi karena es krim diaduk cepat yang menyebabkannya mengandung lebih banyak udara sehingga volumenya lebih meningkat.

2. Nutrisi

Food and Drug Administration (FDA) mendefinisikan es krim sebagai produk susu dengan setidaknya 10 persen kalori yang berasal dari lemak. Adapun gelato biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, yakni sekitar 4-9 persen. Sementara untuk gula, keduanya sama-sama mengandung banyak gula. Sehingga sebaiknya hanya dikonsumsi sesekali saja.

3. Tekstur

Gelato umumnya memiliki tekstur lebih halus dan lebih padat jika dibandingkan dengan es krim. Sementara untuk es krim cenderung memiliki tekstur lembut dan ringan. Struktur dari gelato memungkinkannya untuk memiliki lebih banyak pilihan rasa daripada es krim.

4. Bahan

Es krim memiliki lebih banyak mentega jika dibanding dengan gelato, sehingga membuat rasanya tak sekuat gelato. Lemak mentega akan melapisi lidah sehingga lidah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendeteksi rasa es krim. Selain itu pada es krim biasanya mengandung lebih banyak krim dan mengandung kuning telur. Sementara untuk gelato jarang menggunakannya dan lebih banyak menggunakan susu.

5. Cara penyajian

Gelato biasanya disajikan pada suhu 10-15 derajat Fahrenheit atau sekitar 6-8 derajat Celcius. Suhu tersebut lebih hangat daripada es krim sehingga membantu gelato memiliki rasa yang kuat. Pada es krim, suhu biasanya lebih dingin sehingga membuat lidah menjadi mati rasa. Pada gelato bisa disajikan dengan spatula datar, sementara es krim biasanya disajikan dengan sendok yang sangat bundar. Hal itu karena pada es krim kandungan lemak lebih tinggi sehingga bisa dibentuk menjadi bola bulat yang kokoh.

SHARE: