img

Yuk, Ketahui Amalan dan Makna pada Tahun Baru Islam

BNI Hi-Movers, umat Islam di seluruh dunia telah menyambut Tahun Baru Islam atau masuknya tahun 1444 H pada bulan Muharram ini. Banyak amalan yang dapat kita lakukan pada bulan Muharram. Bulan Muharram juga menjadi salah satu bulan istimewa bagi umat Islam selain bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Rajab. Hal tersebut dijelaskan pada hadits dari Abu Bakrah RA yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 belas bulan. Di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).

Bulan Muharram pun menjadi bulan pertama di tahun hijriah. Bulan Muharram juga menandakan hijrah nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah. Berikut 12 amalan sunnah yang dapat kita lakukan dan memiliki keutamaan ketika kita melakukan nya:

1. Melakukan shalat
2. Berpuasa ( berpuasa Asyura dan tasu'a dapat menghapus dosa kita setahun yang lalu)
3. Menyambung silaturahmi
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada para ulama (Baik yang hidup maupun yang meninggal)
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10. Memotong kuku
11. Mengusap kepala anak yatim
12. Membaca surat Al Ikhlas sebanyak 1000 kali

Itulah amalan Sunnah yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan Muharram. Adapun juga makna tahun baru Islam bagi umat muslim yaitu sebagai berikut:

1. Semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi

Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah melawan rasa takut dengan berhijrah dari Mekkah ke Madinah. Hijrah mengandung makna persaudaraan karena Rasulullah SAW mempersatukan kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

2. Menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan

Intinya kita harus meninggalkan kebiasaan yang buruk dan memulai melakukan perbuatan diperintahkan oleh Allah SWT dan selalu menjauhi larangannya.

3. Untuk muhasabah diri (berbenah diri)

Bulan Muharram sebagai awal nya bulan hijriah, sebaiknya kita mengintrospeksi diri menjadi lebih baik dan meninggalkan kebiasaan yang tidak baik dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Memperbanyak mengerjakan amalan- amalan yang diperintahkan.

Itulah BNI Hi-Movers, amalan-amalan dan makna dari tahun baru Islam atau masuknya di bulan Muharram. Sebagai umat Islam kita sebaiknya melaksanakan amalan- amalan tersebut.

SHARE: